Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136
gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136. Jawaban yang kami berikan hanya berupa tanggapan alternatif saja, rajin lah berguru dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan tanggapan sendiri.
Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.
Tema 4 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 131
Ayo Berdiskusi
Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.
Kamu tentunya telah menciptakan poster undangan untuk menyayangi produkproduk Indonesia pada pertemuan sebelumnya. Sekarang kampanyekan poster tersebut ke semua teman di sekolah.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 132
Ayo Menulis
Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1.
Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini:
Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 133-136
1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh!
Berpikir global, bertindak lokal ialah bersikap terbuka terhadap perkembangan perkembangan yang terjadi di seluruh dunia, namun masih menjunjung tinggi budaya sendiri dibanding budaya asing. Contohnya ialah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak hingga mengikuti kebiasaan-kebiasaan ajaib yang negatif.
2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Cahaya matahari mengenai panel surya yang lalu diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik lalu disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik sanggup dipakai untuk mengoperasikan peralatan elektronik.
3. Apa yang kau ketahui perihal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari. Bahan dari panel-panel tersebut merupakan materi yang termasuk semikonduktor yaitu silikon. Berdasarkan muatannya, silikon dibagi menjadi 2 yaitu tipe-p dengan muatan positif dan tipe-n dengan muatan negatif. Umumnya setiap panel tersusun dari 2 lapisan silikon tersebut.
Dalam prosesnya, awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Ketika panel-panel surya terkena panas dari cahaya matahari, lapisan tipe-p akan terhubung dengan lapisan tipe-n. Pada dasarnya, materi semikonduktor sanggup menghantarkan listrik saat terkena panas. Karena hubungan tersebut, menciptakan muatan negatif pada lapisan tipe-n mengalir menuju muatan positif pada lapisan tipe-p sehingga membentuk medan listrik. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Listrik yang tersimpan dalam baterai akan dinaikkan dahulu oleh inverter supaya sanggup dipakai untuk mengoperasikan peralatan elektronik.
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sanggup dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan sebab tidak menyebabkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.
4. Mencintai produk dalam negeri ialah merupakan perilaku cinta tanah air. Apakah kau oke dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
Setuju, sebab salah satu harapan bangsa ialah memajukan kesejahteraan umum. Dengan menyayangi dan membeli produk sendiri, maka kita meningkatkan ekonomi para pemilik perjuangan dalam negeri yang juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan mereka. Sehingga, hal tersebut termasuk salah satu perilaku cinta tanah air.
5. Hitunglah luas dan volume kubus dengan panjang rusuk 6 cm.
Luas :L = 6 x (r x r)L = 6 x (6 x 6)L = 6 x 36L = 216 cm2Volume :V = r3V = 63V = 216 cm3
6. Hitunglah luas permukaan dan volume bangun adonan berikut.
Luas :L = 5 x (8 x 8) + 5 x (4 x 4) + (8 x 8 – 4 x 4)L = 5 x 64 + 5 x 16 + (64 – 16)L = 320 + 80 + 48L = 448 cm2Volume :V = 8 3 + 43V = 512 + 64V = 576 cm3
7. Ida akan menciptakan 4 kubus dengan panjang rusuk 10 cm dari kertas karton. Hitunglah luas kertas karton yang ia perlukan.
L = 4 x 6 x (10 x 10)L = 24 x 100L = 2.400 cm2Jadi, luas kertas karton yang ia perlukan ialah 2.400 cm2.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari gawekami.com.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136"
Posting Komentar