Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 142, 144.
gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Ekosistem, Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem, Halaman 142, 144.
Ibu Aldo: "Wah. terimakasih atas informasinya nak Dini. Nanti akan saya sampaikan jikalau Aldo sudah pulang dari rumah dokter."
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 142, 144 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Sumber https://www.gawekami.com/
Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 6
Hari ini kita akan belajar:
• Menjelaskan informasi wacana keseimbangan ekosistem dalam goresan pena nonfiksi.
• Menjelaskan makna kesatuan wilayah dalam bidang ekonomi.
• Membuat karya seni berupa topeng.
Amatilah gambar di atas. Apakah yang dilakukan bawah umur pada gambar tersebut? Pernahkah kau melakukannya? Apakah tujuan acara tersebut? Apakah acara tersebut akan membantu membuat keseimbangan ekosistem?
Diskusikanlah pertanyaan tersebut dengan teman-temanmu.
Lani: ”Dayu, bolehkah saya bertanya sesuatu?”
Dayu: ”Tentu saja, Lan. Ada apa? Kelihatannya serius sekali!”
Lani: ”Hmm... Bagaimana kau mendapat bunga untuk dipakai pada sesajimu?”
Dayu: ”Sebagian besar Ibu mendapatkannya dari kebun kami, Lani. Kami menanamnya sendiri dan memanfaatkannya. Mengapa kau bertanya, Lani?”
Lani: ”Ah, tidak. Hanya memastikan saja. Aku pernah melihat ada sekelompok orang yang merusak taman kota hanya untuk memetik bunga! Aku murung melihatnya! Bukankah itu akan merusak ekosistem yang ada di taman itu?”
Dayu: ”Oh, saya mengerti maksudmu, Lani. Kami sekeluarga tahu wacana itu. Kami tidak akan memetik bunga dari taman orang lain untuk keperluan sesaji kami. Menjaga dan merawat lingkungan, termasuk ekosistem, merupakan salah satu nilai yang kami anut dan pegang teguh. Aku rasa kau pun demikian.”
Lani: ”Iya, Ayah dan Ibuku pun mengajarkan demikian. Tetapi, tetap saja, ya, Dayu, ekosistem kita rusak sebab acara manusia. Tahukah kau acara apa saja yang sanggup merusak keseimbangan ekosistem? Kita cari tahu, yuk!”
Ayo Membaca
Manusia memang mempunyai banyak cara untuk mempertahankan hidupnya. Beberapa cara dan acara insan justru sanggup merusak ekosistem yang ada di sekitarnya. Kegiatan apa sajakah yang sanggup mengganggu keseimbangan ekosistem?
Bacalah dengan saksama artikel berikut ini.
Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem
Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. Seringkali, kegiatan-kegiatan insan tersebut mengabaikan kebutuhan komponen ekosistem semoga tetap berada dalam keseimbangan. Banyak acara insan justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak bisa bertahan. Misal saja acara para nelayan memakai racun dan bom yang hanya berpikir untuk mendapat ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut. Ada beberapa industri ibarat industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, ibarat danau, sungai, atau kolam-kolam. Belum lagi kebiasaan insan membuang sampah rumah tangga ke sungai-sungai yang berakibat tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Jika acara ini dilakukan secara terus-menerus, insan juga yang akan menuai akibatnya.
Oleh karenanya, sebagai makhluk paling berakal, insan seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain mengurangi penebangan hutan secara sembarangan, mengurangi penggunaan materi kimia buatan dalam acara pertanian. Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, contohnya dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan materi peledak. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional yang dilindungi negara. Selain hal-hal besar di atas, di tingkat rumah tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain: menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air.
Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai. Selain itu, berguru membuat kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga akan mengurangi pencemaran tanah dan sungai. Mengurangi sampah plastik, melaksanakan daur ulang, dan menghindari memakai alat-alat rumah tangga sekali pakai. Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan, bukan?
Kunci Jawaban Tematik halaman 142
Dari bacaan tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.
Paragraf | Pikiran Utama | Informasi Penting |
---|---|---|
1 | Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. |
|
2 | Sebagai makhluk paling berakal, insan seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. |
|
3 | Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan. |
|
Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam goresan pena satu paragraf. Gunakan kosakata gres dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskan kesimpulanmu dengan rapi di daerah yang telah tersedia.
Kesimpulan:
Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai makhluk paling berakal, insan seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa acara sederhana yang sangat mungkin dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.
Lani: ”Wah, saya jadi paham wacana perjuangan untuk memelihara keseimbangan ekosistem di sekitar kita! Terima kasih, Dayu, telah membantuku memahaminya! Maafkan, aku sebelumnya merasa curiga kepadamu bahwa kau tidak menjaga keseimbangan ekosistem dengan memetik bunga untuk sesajimu.”
Dayu: ”Tak mengapa, Lani! Saya bahagia kau mengatakannya pribadi kepadaku. Kalau tidak, kau akan berburuk sangka kepadaku.”
Lani: ”Iya, Dayu. Aku juga jadi mengerti manfaat berkomunikasi dengan baik. Jika saya tidak mengatakannya, mungkin saya akan membencimu!”
Dayu: ”Iya, Lan. Aku pun begitu. Ternyata berkomunikasi dengan baik sanggup mempererat persahabatan kita, ya!”
Ayo Membaca
Pernahkah kau mengalami kejadian ibarat Lani dan Dayu? Berkomunikasi dengan memakai bahasa yang baik akan membantu mempererat kekerabatan antarsesama anggota masyarakat. Sebaliknya, komunikasi yang tidak baik sanggup memecah belah persatuan. Kenyataan tersebut telah usang dipahami oleh para pendiri bangsa kita. Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami pentingnya komunikasi dalam persatuan dan kesatuan bangsa.
Bahasa Indonesia, Bahasa Persatuan
Salah satu tekad yang diwujudkan dalam Sumpah Pemuda oleh para perjaka pada tanggal 28 Oktober 1928 ialah tekad untuk menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Sejak dahulu, para pemimpin bangsa sudah menganggap penting kiprah bahasa sebagai alat persatuan. Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat penting. Kegiatan komunikasi merupakan acara memberikan pesan dari penyampai pesan kepada akseptor pesan.
Saat ini, teknologi alat komunikasi berkembang sangat pesat. Pesan yang disampaikan melalui media komunikasi sanggup disampaikan dengan cepat dan mudah. Kemudahan itu terkadang membuat pesan yang disampaikan berbeda dengan yang diinginkan. Komunikasi yang tidak efektif sanggup menimbulkan salah pengertian yang pada ujungnya akan mengakibatkan terancamnya persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat.
Salah satu cara berkomunikasi yang baik ialah dengan memakai bahasa yang sopan dan jelas. Sikap pada ketika berkomunikasi dengan orang lain pun harus diperhatikan semoga orang lain mengerti pesan yang disampaikan. Ketika berkomunikasi secara tulisan, penggunaan bahasa yang baku dan sopan juga sangat diperlukan.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 144
Ayo Menulis
Buatlah skenario kisah pengalamanmu wacana berkomunikasi, baik melalui media telepon, telepon genggam, surat, surat eletronik, atau komunikasi pribadi dengan orang lain. Pilihlah salah satu dari media tersebut.
Jika kau menentukan surat, buatlah sebuah surat kepada orang yang lebih remaja ibarat kepada guru atau kepada kepala sekolah, atau kepada ketua RT di daerah tinggalmu. Pilihlah topik usulanmu wacana sebuah acara yang sanggup meningkatkan persatuan dan kesatuan di sekolah atau di lingkungan kau tinggal. Gunakan bahasa yang baku dan lugas serta gunakan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Jangan lupa melengkapi semua potongan surat, ibarat akseptor surat, tujuan surat, salam pembuka, isi, dan salam penutup.
Jakarta 19 Oktober 2018
Teruntuk Ibu Guruku
Assalamualaikum wr wb
Halloo Ibu, bagaimana kabarnya? Saya berharap Ibu selalu sehat dan berada di dalam lindungan Allah SWT. Ibu masih ingatkan dengan saya? Saya ialah Aria Nugraha Murid ibu yang selalu membuat Ibu kesal ketika di SD. Tentunya saya yakin ibu masih mengingatnya.
Bu, saya menulis surat ini untuk mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada jasa – jasa Ibu yang begitu besar terhadap diri saya. Ibu telah membimbing saya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Saya ingin sekali bertemu dengan ibu dan mengucapkan rasa terimakasih saya secara langsung. Namun, tampaknya keadaan masih belum mengijinkannya sebab saya masih harus melaksanakan kiprah saya..
Melalui surat ini saya juga ingin mengusulkan kepada Ibu untuk mengadakan reuni dalam rangka mempererat kembali tali silaturahmi diantara alumnus sekolah, khususnya alumnus tahun angkatan 2003/2004. Bagaimana kira-kira Bu. apakah proposal saya ini sanggup diterima ?
Mengenai dilema mengumpulkan teman-teman nanti akan menjadi tanggung jawab saya. Saya akan bekerja-sama dengan teman-teman yang lain. Jika Ibu mengijinkan kami untuk melaksankan program reuni tersebut silahkan ibu menghubungi saya. Ini nomor saya yang sanggup dihubungi : xxxx xxxx xxxx atau jikalau ibu berkenan silahkan menghubungi saya melalui email : xxxxxx@gmail.com.
Demikian Bu proposal dari saya, semoga ibu mengijikan dan berkenan hadir pada program yang akan kami laksanakan tersebut. Terima kasih atas perhatian dan waktunya Bu. Terima kasih.
Wassalmualaikum wr. wb.
Hormat saya,
Bacakanlah suratmu di depan kelas dan mintalah salah seorang temanmu untuk memperlihatkan masukan terhadap suratmu wacana kejelasan dan isi surat.
Jika kau menentukan percakapan melalui media telepon, kau akan membuat sebuah percakapan antara dua orang yang sedang berbicara memakai telepon. Saat percakapan berlangsung, kau diminta untuk meninggalkan pesan kepada orang yang dituju yang sedang tidak ada atau tidak sanggup dihubungi. Mintalah lawan bicaramu untuk menulis pesanmu. Pastikanlah pesan yang kau sampaikan terang dan singkat. Gunakanlah bahasa yang baku dan sopan sebab akseptor telepon ialah orang yang lebih remaja darimu. Jangan lupa susunan berbicara memakai telepon ibarat mengucapkan salam, menyebutkan nama, menyebutkan keperluan, meminta menulis pesan, dan menutup pembicaraan. Bacakan percakapan teleponmu di depan kelas dan mintalah salah seorang temanmu untuk memperlihatkan masukan terhadap percakapanmu wacana kejelasan dan isi percakapan.
Percakapan Telepon
Dini: "Halo, selamat sore"
Ibu Aldo: "Halo, selamat sore, ini siapa ya?"
Dini: "Halo, saya Dini sobat sekelasnya Aldo. Bisakah saya berbicara dengan Aldo?"
Ibu Aldo: "Aldo sedang tidak ada di rumah, ini ibunya Aldo. Ada apa nak Dini?”
Dini: "Oh ini ibunya Aldo ya. Begini bu, saya ingin memperlihatkan informasi wacana kiprah sekolah sebab Aldo tadi tidak masuk kelas."
Ibu Aldo: "Iya nak, Aldo sakit sudah dua hari. Tadi siang juga ia dibawa bapaknya ke dokter, kini belum pulang. Ada kiprah apa nak, silahkan sampaikan pesan untuk Aldo kepada Ibu."
Dini: "Maaf Bu tugasnya panjang, mungkin sebaiknya dicatat saja Bu!.
Ibu Aldo: "Oh..iya, sebentar Ibu akan mengambil buku dan alat tulis dulu ya nak."
Dini: “Iya...Bu”
Ibu Aldo: "Hallo nak Dini, ibu sudah siap mencatat pesannya."
Dini: “Begini Bu, tadi pak guru mata pelajaran komputer memperlihatkan tugas. Tugasnya supaya membuat daftar rumus excel dan harus dikumpulkan dalam waktu 3 hari. Laporan kiprah berbentuk lembaran kertas berukuran folio. Ada beberapa ketentuan lain yaitu untuk margin kertas 3 cm dan memakai aksara Times New Roman ukuran 12. Demikian kiprah dari pak guru Bu.”
Ibu Aldo: "Selain itu masih ada lagi nak Dini?"
Dini: “Sudah tidak ada lagi Bu. Oh iya bu, kata pak guru kiprah ini akan dijadikan sebagai ulangan harian. Mohon Aldo diberitahu dan jangan hingga lupa untuk mengumpulkan kiprah sempurna waktu Bu.”
Ibu Aldo: "Wah. terimakasih atas informasinya nak Dini. Nanti akan saya sampaikan jikalau Aldo sudah pulang dari rumah dokter."
Dini: "Sama sama Bu, saya juga mengucapkan terima kasih atas waktunya”
Ayo Berkreasi
Terdapat bermacam-macam media yang dipakai untuk melaksanakan komunikasi. Salah satunya ialah melalui benda seni Nusantara ibarat topeng. Sebagaimana kau tahu, bentuk topeng Nusantara mempunyai karakter masing-masing. Sebelumnya, kau telah mempersiapkan beberapa tahap untuk membut topeng dari kertas. Kali ini kau akan melanjutkannya dengan melihat tahapan membuat topeng ibarat yang dijelaskan di bawah ini.
Perhatikanlah setiap langkah dan tahapan yang diambil dan lakukanlah dengan hati-hati sesuai petunjuk.
Setelah kau menuntaskan topengmu, waktunya bagimu untuk memamerkannya.
Berilah nama dan ceritakan karakter apa yang ingin kau tunjukkan melalui bentuk topengmu.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 142, 144 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 142, 144."
Posting Komentar