Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 53, 54, 55, 58, 59
Gawekami.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 1 Halaman 53, 54, 55, 58, 59. Jawaban yang kami berikan hanya berupa balasan alternatif saja, rajin lah berguru dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan balasan sendiri.
Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.
Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola sahabat satu kelompokmu. Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan pola kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.
Pemimpin idola sanggup berasal dari banyak sekali kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola sahabat sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari pola yang diberikan.
Nama Pemimpin Idola :
Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, forum tempatnya bekerja, tugas, dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan pola yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.
Walau menjabat sebagai lurah, pamanku hidup sederhana. Gaji dan kemudahan yang diperolehnya tidak dipakai untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.
“Ah, untuk apa rumah mewah, berlantai keramik? Yang penting higienis dan nyaman saja. Lantai semen justru terasa lebih hambar kan?” ungkapnya ketika saya mengomentari rumahnya.
Ternyata, dari dongeng bibi saya tahu. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai berguru sederhana untuk daerah warga berguru membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi.
Membaca merupakan salah satu cara untuk membuka pintu informasi.
Bergantian dengan bibi, di sore hari, paman mengajar membaca di balai belajar. Ia sabar dan penuh canda, sehingga warga tak sungkan belajar dengannya. Kadang warga ibarat lupa, bahwa sang guru ialah lurah, pejabat pemerintahan desa. Paman bertahap juga menyediakan banyak sekali buku di balai belajar. Berbagai buku disediakan, ibarat buku bercocok tanam, pemeliharaan hewan, atau buku pengetahuan umum tersedia di sana. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.
Bukan hanya memikirkan kesejahteraan warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat, pernah sekali waktu sekelompok investor tiba menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan di desa. Sebagai lurah, paman sanggup saja pribadi menyetujui, tetapi paman justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya efek positif dan negatif jikalau ada toko swalayan di desa mereka.
Sebagian besar warga tidak oke alasannya ialah khawatir akan mengalahkan usaha kecil warga. Warung dan pasar tradisional akan tersaingi. Tanpa ragu paman pun menolak planning pembangunan toko swalayan tersebut.
Aku yakin, banyak warga yang ingin dipimpin oleh lurah ibarat Pak Badi, pamanku. Seorang pemimpin yang menentukan untuk tidak menjulang tinggi di tengah kesederhanaan warganya. Seorang pemimpin yang menentukan untuk berjuang maju bersama warganya.
Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh pemimpin pada teks bacaan di atas. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia”.
Sebagai pelajar, kau pun sanggup melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.
Buatlah planning pidato yang mengajak sahabat sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk berguru membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.
Kamu akan berpidato bergiliran di hadapan adik kelas dan guru-gurumu di pertemuan berikutnya.
Baca Juga : Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 63, 71
Terima kasih sudah membaca artikel ini, agar Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53, 54, 55, 58, 59 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com Sumber https://www.gawekami.com/
Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.
Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 1
Ayo Menulis
Kamu sudah berguru ihwal kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kau mempunyai seorang pemimpin idola? Siapakah dia? Mengapa kau mengidolakannya?Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 53
Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan pola kegiatan yang telah dilakukannya.Ir. Soekarno
Beliau merupakan presiden pertama Indonesia. Beliau selalu menanamkan rasa persatuan dan pentingnya mengenang usaha kemerdekaan dengan semboyan “jasmerah” yaitu jangan sekali sekali melupakan sejarah. Dengan melihat sejarah bangsa Indonesia yang berjuang dalam mendapat kemerdekaan dan seharusnya para penerus bangsa harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan
Gus Dur
Beliau merupakan mantan presiden Indonesia yang berjasa dalam menyatukan banyak sekali agama di Indonesia sehingga perilaku saling menghormati antar umat agama semakin besar lengan berkuasa dengan memasukkan agama konghucu sebagai agama resmi di Indonesia.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 54
Diskusikan tulisanmu dengan goresan pena sahabat satu kelompokmu. Adakah persamaan antara hasil tulisanmu dengan hasil goresan pena rnereka?Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola sahabat satu kelompokmu. Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan pola kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 55
Sampaikan hasil kerja kelompokmu kepada sahabat satu kelas. Apakah kau melihat persamaan dan perbedaannya?Pemimpin idola sanggup berasal dari banyak sekali kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola sahabat sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari pola yang diberikan.
Nama Pemimpin Idola :
SutomoPemimpin idola mempunyai nilai-nilai yang terlihat dalam kegiatan kesehariannya. Sebaiknya, kita banyak berguru dari para pemimpin yang menjadi pujaan atau idola kita.
Posisi : Guru
Bidang : Pendidikan
Prestasi : Membuat kegiatan bank sampah sekolah
Salhak
Posisi : Ketua PKK
Bidang : Sosial
Prestasi : Program taman obat keluarga
Ma'ruf
Posisi : Pengurus Remaja Masjid
Bidang : Ekonomi
Prestasi : Program Remaja Mandiri/Kewirausahaan
Muhlis
Posisi : Ketua RW
Bidang : Budaya
Prestasi : Program "Kulinakno Sholawatan"/seni musik islami
Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, forum tempatnya bekerja, tugas, dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan pola yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.
Pemimpin idola : Kepala Puskesmas
Kelembagaan : Puskesmas
Tugas :
- Melaksanakan fungsi-fungsi administrasi dan supervisi
- Sebagai aktivis pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan
- Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di puskesmas
Manfaat forum :
- Pusat pembangunan kesehatan masyarakat
- Membina kiprah serta masyarakat dalam meningkatkan kemampuan hidup sehat
- Memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
Pemimpin Idola : Kepala Desa
Kelembagaan : Pemerintahan Desa
Tugas :
- Memimpin penyelenggaraan pemerintah di tingkat desa
- Membina kehidupan masyarakat desa
Manfaat forum :
- Tempat pelayanan dan training masyarakat desa
- Sebagai pelaksana kegiatan pemerintahan di tingkat desa
Pemimpin idola : Kader Posyandu
Kelembagaan : Posyandu
Tugas :
Kegiatan utama :
- Pelayanan kesehatan ibu dan anak
- Keluarga berencana
- Imunisasi
- Gizi
- Pencegahan dan penanggulangan diare
Kegiatan pengembang
- Bina keluarga Balita
- Tanaman obat keluarga
- Bina keluarga lansia
Manfaat forum :
- Memperoleh kemudahan untuk memperoleh gosip dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan balita
- Pertumbuhan anak balita terpantau kesehatannya
- Memperoleh penyuluhan kesehatan terkait ihwal kesehatan ibu dan anak
Ayo Membaca
Kita mengidolakan seorang pemimpin alasannya ialah kita tahu mereka bekerja untuk kepentingan rakyatnya. Ayo, berguru dari salah seorang pemimpin yang patut kita teladani melalui bacaan berikut!Pamanku, Lurah Idola
Ini dongeng ihwal pamanku, Badi namanya. Ia seorang lurah di desanya.Warga biasa memanggilnya dengan sebutan Pak Lurah. Tetapi, saya tahu mereka mengenal dekat, hormat, serta sayang kepada beliau.Walau menjabat sebagai lurah, pamanku hidup sederhana. Gaji dan kemudahan yang diperolehnya tidak dipakai untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.
“Ah, untuk apa rumah mewah, berlantai keramik? Yang penting higienis dan nyaman saja. Lantai semen justru terasa lebih hambar kan?” ungkapnya ketika saya mengomentari rumahnya.
Ternyata, dari dongeng bibi saya tahu. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai berguru sederhana untuk daerah warga berguru membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi.
Membaca merupakan salah satu cara untuk membuka pintu informasi.
Bergantian dengan bibi, di sore hari, paman mengajar membaca di balai belajar. Ia sabar dan penuh canda, sehingga warga tak sungkan belajar dengannya. Kadang warga ibarat lupa, bahwa sang guru ialah lurah, pejabat pemerintahan desa. Paman bertahap juga menyediakan banyak sekali buku di balai belajar. Berbagai buku disediakan, ibarat buku bercocok tanam, pemeliharaan hewan, atau buku pengetahuan umum tersedia di sana. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.
Bukan hanya memikirkan kesejahteraan warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat, pernah sekali waktu sekelompok investor tiba menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan di desa. Sebagai lurah, paman sanggup saja pribadi menyetujui, tetapi paman justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya efek positif dan negatif jikalau ada toko swalayan di desa mereka.
Sebagian besar warga tidak oke alasannya ialah khawatir akan mengalahkan usaha kecil warga. Warung dan pasar tradisional akan tersaingi. Tanpa ragu paman pun menolak planning pembangunan toko swalayan tersebut.
Aku yakin, banyak warga yang ingin dipimpin oleh lurah ibarat Pak Badi, pamanku. Seorang pemimpin yang menentukan untuk tidak menjulang tinggi di tengah kesederhanaan warganya. Seorang pemimpin yang menentukan untuk berjuang maju bersama warganya.
Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh pemimpin pada teks bacaan di atas. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia”.
- Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan.
- Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
- Mengembangkan rasa pujian berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
- Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
- Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 58
Apakah kau telah menerapkan nilai-nilai persatuan? Tulislah pola penerapan nilai-nilai persatuan ketika kau berada di sekolah. Jangan lupa sertakan keuntungannya bagimu dan lingkungan sekitarmu.Penerapan nilai-nilai persatuan
- Berteman tanpa membeda-bedakan
- Menghormati sahabat yang berbeda suku, agama dan ras
- Berkorban membantu sahabat yang mengalami kesusahan
Manfaat untuk diri sendiri
- Banyak teman
- Mendapat akhir respek/hormat dari teman-teman
- Kepuasan hati, sahabat bertambah banyak
Manfaat untuk lingkungan
- Timbul kebersamaan, kekeluargaan
- Timbul kebersamaan, kekeluargaan, solidaritas makin tinggi
- Timbul semangat kekeluargaan, kebersamaan makin terjalin
Ayo Membaca
Lurah idola, ibarat tokoh dalam dongeng sebelumnya, memang dicintai masyarakatnya. Penduduk dengan bermacam-macam latar belakang agama, sosial, suku bangsa, dan budaya sanggup bersatu alasannya ialah seorang lurah yang bekerja keras untuk penduduknya.Sebagai pelajar, kau pun sanggup melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.
Buatlah planning pidato yang mengajak sahabat sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk berguru membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.
Kamu akan berpidato bergiliran di hadapan adik kelas dan guru-gurumu di pertemuan berikutnya.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 59
Baca Juga : Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 63, 71
Terima kasih sudah membaca artikel ini, agar Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53, 54, 55, 58, 59 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com Sumber https://www.gawekami.com/
Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 53, 54, 55, 58, 59"
Posting Komentar