Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 26, 27, 28, 30, 34, 36
gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 1 Suhu dan Kalor, Halaman 26, 27, 28, 30, 34, 36
Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 3
Perhatikanlah gambar di atas! Buku merupakan salah satu media cetak yang menjadi sumber info yang paling sering dipakai masyarakat sampai dikala ini. Apakah kau mempunyai buku serupa dengan buku pada gambar di atas? Ya, buku itu biasanya buku ilmu pengetahuan yang berisi info wacana insiden alam yang terjadi di sekitar. Selain terdapat teks penjelasan, di dalam buku itu juga terdapat gambar-gambar yang mendukung klarifikasi info yang diberikan. Gambar-gambar tersebut juga menciptakan buku itu semakin menarik bagi pembacanya.
Perhatikan kembali gambar pada buku di atas. Dapatkah kau menceritakan gambar-gambar di atas? Tahukah kau bahwa matahari yaitu sumber energi yang tidak pernah habis dan diharapkan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk masyarakat Indonesia? Manusia dan lingkungan sekitar memerlukan sumber energi panas untuk kelangsungan hidupnya.
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang dilakukan insan untuk memanfaatkan energi panas dari matahari. Bagaimana masyarakat sekitarmu memanfaatkan energi panas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Apakah energi panas diperuntukkan bagi semua orang? Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
Ayo Membaca
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan harus berafiliasi dengan lingkungannya. Dalam kekerabatan dengan lingkungannya, ada insiden saling memengaruhi satu dengan yang lain. Matahari yaitu sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan insan berjalan sebagaimana mestinya. Lingkungan insan terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Bagaimana insan berafiliasi dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melaksanakan kekerabatan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, alasannya yaitu alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk kekerabatan antara benda mati dan makhluk hidup yaitu jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat sanggup memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh dan binatang yang berkembang di tempat tersebut.
Makhluk hidup juga sanggup memengaruhi benda mati. Contohnya tempat yang banyak tumbuhannya akan menimbulkan tempat tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung mempunyai air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tumbuhan membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?
Hubungan antara insan dan lingkungan alam sanggup dikelompokkan menjadi dua. Pertama kekerabatan yang menciptakan insan harus sanggup mengikuti keadaan dengan alam. Kedua yaitu kekerabatan yang menciptakan insan sanggup memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara insan untuk mengikuti keadaan dengan alam, yaitu dengan mempelajari insiden alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan animo hujan biar tanamannya sanggup tumbuh dengan baik. Para nelayan menentukan waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca biar terhindar dari tragedi dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Manusia juga harus sanggup memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memakai iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akhir kemarau panjang yang menimbulkan menurunnya hasil pertanian, insan mencoba menciptakan hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan memakai pengetahuan dan teknologi.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 26
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
Manusia dengan Lingkungan Alam
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
• Paragraf 1 : Makhluk hidup, Lingkungan alam
• Paragraf 2 : Benda mati dan makhluk hidup
• Paragraf 3 : Malkluk hidup, Benda mati
• Paragraf 4 : Hubungan, Menyesuaikan diri, Memanfaatkan alam.
• Paragraf 5 : Manusia, Alam, Ilmu pengetahuan dan Teknologi
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan memakai kata kunci yang kau tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup sanggup memengaruhi benda mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan wacana bacaan yang ingin sekali kau ketahui lebih dalam!
5. Apa yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada sahabat sebangkumu.
Kesimpulan:
Makhluk hidup melaksanakan kekerabatan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya.Mkhluk hidup juga sanggup memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam memakai ilmu pengetahuan dan teknologi
Kunci Jawaban Tematik Halaman 27
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
3. Jelaskanlah salah satu pola bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan menciptakan suhu udara menjadi lebih sejuk.
4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara insan dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara insan dan lingkungan alam, sanggup dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang mengikuti keadaan dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.
5. Berikanlah pola bentuk interaksi antara insan dengan lingkungan alam yang kau ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan animo penghujan biar tanamannya sanggup tumbuh dengan baik. Para nelayan menentukan waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca biar terhindar dari tragedi dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 28
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan memakai tabel berikut! Lengkapi juga dengan info penting pada setiap paragrafnya!
Paragraf | Pokok Pikiran | Informasi Penting |
---|---|---|
1 | Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan. | Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. |
2 | Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi | Bentuk kekerabatan antara benda mati dan makhluk hidup yaitu jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tumbuhan yang tumbuh dan binatang yang berkembang |
3 | Makhluk hidup sanggup memengaruhi benda mati. | Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya |
4 | Hubungan antara insan dan lingkungan alam | Hubungan yang menciptakan insan harus sanggup mengikuti keadaan dengan alam. Hubungan yang menciptakan insan sanggup memanfaatkan alam sekitarnya |
5 | Pemanfaatkan alam oleh manusia | Untuk menanggulangi akhir kemarau panjang insan menciptakan hujan buatan dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi. |
2. Buatlah sebuah goresan pena dalam satu paragraf yang menjelaskan wacana bacaan di atas. Gunakanlah pokok pikiran dan info penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk memakai bahasamu sendiri.
Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berafiliasi dengan benda mati. Makhluk hidup sanggup memengaruhi benda mati. Ada 2 macam kekerabatan antara insan dengan alam yaitu insan mengikuti keadaan dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam memakai ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki
3. Di dalam kelompok kecil, tukarlah hasil pekerjaanmu dengan hasil pekerjaan sahabat sekelompokmu. Apakah sahabat sekelompokmu mempunyai goresan pena yang sama denganmu?
Kunci Jawaban Tematik Halaman 30
Ayo Mencoba
Perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas wacana interaksi insan dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.
1. Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di tempat tempat tinggalmu? Apakah termasuk tempat pantai, pegunungan, atau dataran?
2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal | Pekerjaan Utama Penduduk |
---|---|
Pegunungan | Petani |
Dataran Tinggi | Petani |
Dataran Rendah | Petani |
Pantai | Nelayan |
3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam | Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam |
---|---|
Bercocok tanam | Mudah mendapat sayuran dan buah-buahan |
Menjadi nelayan | Mendapatkan banyak sekali jenis ikan |
Memelihara binatang ternak sapi | Mudah mendapat susu dan daging |
Melakukan penghijauan | Tersedianya sumber air bersih |
4. Apa kesimpulan yang kau dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah yang berbeda, tumbuhan yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga insan harus bisa menyesuaikan diri..
Ayo Berdiskusi
Tahukah kau bahwa setiap insan yang hidup di dalam masyarakat mempunyai hak yang dilindungi oleh undang-undang. Salah satu hak warga negara Indonesia yaitu mendapat pendidikan yang layak. Tahukah kau apa maknanya?
Kita yaitu warga negara Indonesia. Kamu yang lahir dan besar di Indonesia mempunyai hak sebagai warga negara Indonesia. Sebagai seorang siswa pun, kau mempunyai hak-hak yang harus kau ketahui. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama sebelum kau melaksanakan kegiatan berikutnya.
Ayo Mencoba
Konvensi Hak-Hak Anak
Anak-anak merupakan generasi penerus impian usaha sebuah bangsa. Oleh karenanya, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan harapannya. Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan mendapat pendidikan yang terbaik. Banyak anak berasal dari keluarga yang kurang bisa yang tidak mendapat layanan pendidikan dan kesehatan.
Tak hanya itu, akhir perang dan pertikaian yang terjadi di beberapa Negara menimbulkan banyak anak yang menjadi korban. Hak-hak mereka terabaikan sehingga menjadi korban kekerasan. Oleh karenanya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini bertujuan untuk memperlihatkan proteksi terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memperlihatkan hak-hak kepada belum dewasa sedunia. Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996.
Apa saja hak-hak anak berdasarkan Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kau tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kau tahu asal ajakan kedua orang tuamu? Apakah kau tahu asal ajakan keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya.
2. Hak Perlindungan, proteksi dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu mempunyai hak yang sama dengan belum dewasa lain untuk melaksanakan kegiatan keagamaanmu, atau melaksanakan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang anak kau belum boleh bekerja, dan kau berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan.
3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu mempunyai hak untuk sekolah, mendapat tempat tinggal, mendapat masakan dan minuman yang layak. Hakmu yaitu bermain dan mendapat istirahat yang cukup, alasannya yaitu hal itu diharapkan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.
4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapat info yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memperlihatkan pendapat kalau itu berafiliasi dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 34
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kau pahami. Cari tahu makna kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama sahabat dan gurumu!
No. | Kata Sulit | Makna |
---|---|---|
1. | Konvensi | Permufakatan atau kesepakatan |
2. | Ratifikasi | Pengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan aturan internasional; |
3. | Identitas | Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri: |
4. | Diskriminasi | Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara |
5 | Eksploitasi | Pemanfaatan untuk laba sendiri; |
2. Buatlah daftar hak anak yang kau dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah hak-hak tersebut di bawah ini!
• Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
• Hak Perlindungan, proteksi dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
• Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
• Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
3. Dari daftar yang kau buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kau dapatkan dengan menciptakan tanda centang (√).
No. | Hak Anak | Ket. |
---|---|---|
1. | Hak Kelangsungan Hidup | √ |
2. | Hak Perlindungan, proteksi dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. | √ |
3. | Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. | √ |
4. | Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. | √ |
4. Bagaimana kau mendapat hak-hak tersebut?
No. | Hak Anak | Cara Mendapatkan |
---|---|---|
1. | Hak Kelangsungan Hidup | Selalu menjaga kesehatan badan dengan makan masakan bergizi. Selalu memeriksakan kesehatan tubuh. |
2. | Hak Perlindungan | Mematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang tua. |
3. | Hak Tumbuh Kembang | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar. |
4. | Hak Berpartisipasi | Mendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua. memberikan pendapat dengan sopan, |
Tahukah kau wacana hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan membantunya menjadi warga negara yang berdikari di kemudian hari.
Setiap anak yang berguru di sebuah forum pendidikan, baik formal maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang berguru di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa yaitu hak untuk:
- mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti kegiatan pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk membuatkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh akreditasi tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat dukungan kemudahan belajar, beasiswa, atau dukungan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh evaluasi hasil belajarnya;
- menyelesaikan kegiatan pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 36
Ayo Berdiskusi
Perhatikan daftar hak siswa di atas. Pahamilah kalimat pada setiap bab tersebut, kemudian tuliskanlah kembali dengan memakai kata-katamu sendiri. Jika kau mengalami kesulitan untuk memahami kata-kata sulit, gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk membantumu. Gunakan diagram berikut untuk membantumu!
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap siswa yang berguru di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama. Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa yaitu hak untuk: mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya; mengikuti kegiatan pendidikan yang bersangkutan; mendapat dukungan kemudahan belajar; pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi memperoleh evaluasi hasil belajarnya; menuntaskan kegiatan pendidikan lebih awal; dan mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Hak Adalah
Hak yaitu milik, kepunyaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu dikarenakan telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 26, 27, 28, 30, 34, 36 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 26, 27, 28, 30, 34, 36"
Posting Komentar