Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 103, 104, 105
gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Ekosistem, Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem, Halaman 103, 104, 105
Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 1
Perhatikanlah gambar-gambar di atas. Bagaimana penjelasanmu mengenai kekerabatan simbiosis antara dua jenis makhluk hidup tersebut? Apa perbedaan antara simbiosis komensalisme, parasistisme, dan mutualisme? Kesimpulan apakah yang sanggup kau ambil dari kekerabatan khas antara dua jenis makhluk hidup tersebut?
Ya, semua makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lain untuk mempertahankan hidup. Makanan dan sumber energi lain menjadi salah satu faktor penting terjadinya saling kebergantungan antar makhluk hidup. Bentuk ketergantungan antar makhluk hidup diperlihatkan dalam sebuah rantai kuliner dan jaring-jaring makanan. Bagaimana kiprah rantai kuliner dan jaring-jaring kuliner bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya dan di dalam ekosistem?
Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini.
Ayo Membaca
Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bab dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapat energi dari matahari. Hewan mendapat energi dari tanaman atau binatang lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau daun bisa menciptakan kuliner sendiri. Makhluk hidup yang sanggup menciptakan kuliner sendiri disebut produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak sanggup menciptakan kuliner sendiri. Mereka mendapat energi dari kuliner yang mereka makan. Makhluk hidup yang memakan kuliner tanpa bisa menciptakan sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang memakan binatang sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen yang memakan baik tanaman maupun hewan, yang dinamakan omnivor.
Energi mengalir dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain di dalam rantai makanan. Rantai kuliner ialah kekerabatan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu kemudian menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa ialah semua binatang yang diburu untuk dimakan oleh binatang lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator ialah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan.
Di dalam sebuah ekosistem, terdapat kekerabatan antara beberapa rantai kuliner yang terjadi. Satu jenis binatang sanggup terlibat dalam beberapa rantai makanan, demikian juga dengan produsen. Kumpulan dari berberapa rantai kuliner di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan. Di dalam jaring-jaring makanan, jumlah binatang yang terlibat makin banyak dan energi yang mengalir juga makin kompleks. Pada jaring-jaring makanan, dimungkinkan terjadi persaingan antarmakhluk hidup, baik di dalam rantai makanan, maupun di dalam jaring-jaring makanan. Setiap komponen yang ada dalam jaring-jaring kuliner saling memengaruhi satu dengan yang lain.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 103
Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, bersama dengan sahabat sebangkumu, lakukanlah kegiatan-kegiatan berikut ini.
Mencari Arti Kosa kata Baru
1. Garis bawahilah beberapa kosakata gres dari bacaan di atas.
2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.
No. | Kosa Kata Baru | Arti |
---|---|---|
1 | Ekosistem | Keadaan khusus daerah komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi |
2 | Energi | Daya (kekuatan) yang sanggup dipakai untuk melaksanakan banyak sekali proses kegiatan, contohnya sanggup merupakan bab suatu materi atau tidak terikat pada materi (seperti sinar matahari); tenaga; |
3 | Produsen | Penghasil materi makanan |
4 | Konsumen | Pemakai barang hasil produksi |
5 | Herbivor | Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan |
6 | Predator | Binatang yang hidupnya dari memangsa binatang lain; binatang pemangsa binatang lain |
7 | Kompleks | Mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan |
8 | Komponen | Bagian dari keseluruhan; unsur: |
9 | Mangsa | Binatang yang menjadi kuliner binatang buas |
10 | Karnivor | Hewan pemakan daging (seperti anjing, kucing) |
11 | Omnivor | Hewan pemakan binatang lain dan tumbuhan |
Membuat Peta Pikiran
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf. Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk menciptakan cabang utama pada peta pikiranmu. Temukanlah isu penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kau buat sebelumnya.
Buatlah peta pikiranmu semenarik mungkin, kemudian presentasikan di depan kelas dengan percaya diri.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 104
Ayo Mencoba
Kamu tentu telah mengetahui dan memahami beberapa jenis ekosistem yang ada di dunia. Kamu juga telah mengetahui bahwa ada kekerabatan khas yang terjadi di dalam sebuah ekosistem. Rantai kuliner pada setiap ekosistem sanggup juga merupakan kekerabatan khas di dalam ekosistem. Hubungan dimakan dan memakan di dalam ekosistem dipengaruhi oleh komponen ekosistem yang ada pada ekosistem tersebut.
Kamu akan bekerja sama dengan beberapa orang temanmu di dalam kelompok. Sediakanlah beberapa alat dan materi menyerupai koran atau majalah bekas, atau sumber isu lain, gunting, lem, kertas karton ukuran A3, dan alat tulis. Berbagilah kiprah dengan sahabat sekelompokmu menurut langkah aktivitas berikut ini.
- Setiap kelompok akan mendapat jenis ekosistem yang berbeda.
- Pelajarilah ekosistem tersebut dengan mencari isu perihal komponen biotik dan abiotik yang menjadi bab ekosistem tersebut.
- Carilah isu perihal binatang dan tanaman yang ada pada ekosistem tersebut.
- Tentukanlah sebuah jaring-jaring kuliner yang mungkin terjadi pada ekosistem tersebut.
- Carilah gambar binatang atau tanaman dari sumber isu yang ada yang sesuai dengan jaring-jaring kuliner yang telah kau tentukan. Potong dan kumpulkan.
- Di atas kertas karton A3, susunlah jaring-jaring kuliner yang ada pada ekosistem tersebut.
- Berikanlah keterangan yang menarik perihal ekosistem dan jaringjaring kuliner yang terjadi pada ekosistem tersebut. Kamu juga sanggup mencantumkan fakta menarik perihal makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makananmu, demikian juga dengan fakta menarik perihal ekosistem pilihanmu.
- Susunlah jaring-jaring kuliner dan keterangannya dengan menarik.
- Presentasikan hasil karyamu di depan kelas dengan percaya diri.
1. Ekosistem Darat
Ekosistem darat ialah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Ekosistem darat dibedakan menjadi beberapa ekosistem, yaitu sebagai berikut.
a. Ekosistem Gurun
Ekosistem gurun gurun merupakan ekosistem darat yang didominasi oleh tanaman dan fauna tertentu dan ditandai dengan lingkungan yang beriklim kering dengan curah hujan yang sangat sedikit sekali. Di gurun dijumpai pula tanaman menahun berdaun menyerupai duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan mempunyai akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.
Jaring Jaring Makanan Di Ekosistem Gurun
Fakta Menarik
- Curah hujan tahunan di gurun rata-rata kurang dari 10 inci.
- Karena kelangkaan air dan vegetasi, bentuk kehidupan binatang sangat terbatas di gurun.
- Kondisi kehidupan yang keras dan suhu ekstrim telah mengevolusi makhluk tertentu untuk benar-benar mengikuti keadaan dengan kehidupan gurun.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 105
Ayo Menulis
Bagaimana hasil kerja kelompokmu? Memuaskan, bukan? Kali ini kau akan melaksanakan aktivitas secara individu dengan menciptakan goresan pena perihal ekosistem pilihan kelompokmu. Dengan keterangan dan isu yang kau kumpulkan perihal ekosistem pilihan kelompokmu, buatlah sebuah goresan pena yang menjelaskan secara lebih detail kekerabatan yang terjadi di dalam rantai kuliner dalam ekosistem tersebut. Jelaskanlah kemungkinan-kemungkinan yang akan memengaruhi keadaan rantai kuliner yang ada.
Tuliskan pemahamanmu perihal kekerabatan yang terjadi di dalam rantai kuliner tersebut dalam sebuah goresan pena sepanjang tiga paragraf.
Jawaban diubahsuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi
Ayo Berlatih
1. Apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?
Jaring kuliner ialah sebuah kekerabatan alami yang dimana berasal dari rantai kuliner dan juga dimakan ke dalam sebuah bentuk komunitas ekologis.
2. Apa fungsi jaring-jaring kuliner di dalam sebuah ekosistem?
Jaring – jaring kuliner di dalam ekosistem mempunyai fungsi dan kegunaan yaitu guna menggambarkan interaksi eksklusif antar spesies, sehingga kekerabatan antar spesies sanggup dibedakan mana yang termasuk dalam spesies basal , spesies peralihan, serta spesies predator puncak. Selain itu jaring – jaring kuliner juga mempunyai fungsi sebagai penyederhana dalam memahami kekerabatan antar spesies dan berfungsi guna mempelajari kontrol bawah ke atas maupun kontrol atas ke bawah dalam suatu struktur komunitas.
3. Apa perbedaan antara rantai kuliner dan jaring-jaring makanan?
Rantai kuliner ialah satu rantai organisme linier tunggal yang melaluinya energi mengalir ke satu arah. Di sisi lain, jaringan kuliner ialah kumpulan rantai kuliner yang saling berhubungan. Oleh alasannya ialah itu, perbedaan utama antara rantai kuliner dan jaring kuliner ialah arah aliran energi.
Terimakasih sudah membaca artikel ini, biar Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 103, 104, 105 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Halaman 103, 104, 105"
Posting Komentar