Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57

gawekami.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57

Tema 4 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1


 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1  Halaman 52, 53, 54, 56, 57


Amati foto berikut. Bagaimana pendapatmu?

 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1  Halaman 52, 53, 54, 56, 57


Menteri  Luar negeri  Retno Marsudi  menjadi pembicara  dalam Pertemuan Tingkat Menteri Negara-negara Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik [APEC] di Manila,  Philiphina, 17 November 2015.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 52

Setelah mengamati foto di halaman sebelumnya, diskusikan pertanyaanpertanyaan berikut bersama temanmu.

1. Bagaimana gosip ihwal Pertemuan Tingkat Menteri APEC tersebut sanggup disiarkan ke semua negara di aneka macam potongan dunia?

• Berita sanggup disebarkan melalui media cetak maupun elektronik, menyerupai surat kabar, gosip di televisi, majalah, pamflet, dan aneka macam media lainnya

• Berita sanggup disebarkan melalui siaran radio, baik melalui siaran radio konvensional maupun siaran pribadi radio dengan memanfaatkan teknologi internet

2. Apa manfaat globalisasi terhadap kolaborasi Indonesia dengan negaranegara di Asia dan di dunia?

• Manfaat yang diperoleh dengan adanya kerjasama dengan bangsa Asia dan Dunia bagi Indonesia, berdampak pada beberapa sektor. Sektor-sektor tersebut antara lain ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya.

Ayo Menulis

Simak  teks  eksplanasi  yang akan dibacakan oleh gurumu. Teks akan dibacakan dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap paragrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut setiap satu paragraf  selesai dibacakan.

Tuliskan informasi penting  tersebut dalam setiap paragraf  pada diagram berikut.



Paragraf 1 : Topik Masalah

Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa ASEAN alasannya berasal dari negara berpenduduk terbesar.

Paragraf 2 : Deret Penjelas

• Menurut Mahsun, bahasa Indonesia hanya mempunyai 90.000 kosakata tetapi sanggup membuat kosakata baru. Sehingga, bahasa Indonesia ialah bahasa yang kaya.

• Menurut Franz Magnis Suseno, bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. Dengan bahasa Indonesia kita bisa mengungkapkan apa saja. Bahasa Indonesia itu sempurna, tidak kaku, dan bisa berkembang.

Paragraf 3 : Deret Penjelas

Romo Magnis menyayangkan generasi muda yang lebih menentukan bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Ia mendukung orang Indonesia bisa bahasa asing, tetapi bila bahasa Indonesia sebagai bahasa utama diganti, rasanya kosong.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Menguasai bahasa Asing itu boleh, tapi jangan hingga mengganti bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 53


Ayo Berdiskusi

Baca kembali dengan teliti informasi penting yang telah kau temukan dari isi teks yang dibacakan guru.

Diskusikan bersama sobat ihwal jenis kolaborasi yang dilakukan  Indonesia, serta tugas Indonesia dalam kolaborasi tersebut.

Tuliskan di dalam kolom berikut.

Artinya Indonesia melaksanakan bentuk bekerja sama dalam bidang budaya. Jika bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, bahasa Indonesia akan menjadi budaya di negara-negara anggota dalam hal komunikasi.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 54


Carilah informasi lain ihwal kerjasama di bidang politik antara Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN. Identifikasi  posisi dan tugas Indonesia dalam setiap kolaborasi tersebut.

Kamu bisa melakukannya bersama teman-teman dalam kelompok kecil.

Tuliskan dalam diagram berikut.

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara  di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi


 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1  Halaman 52, 53, 54, 56, 57


Ayo Mencoba

Pada halaman 55, di jelaskan sebuah teks ihwal problem penggunaan energi listrik. Untuk mengatasi hal tersebut,adik-adik diminta melaksanakan percobaan kecil untuk menghemat penggunaan listrik untuk penerangan yang dalam hal ini lampu. Pada halaman 55 hingga 56, telah dijelaskan alat, bahan, serta langkah kerja. Setelah melaksanakan percobaan, adik-adik diminta menjawab pertanyaan menurut hasil percobaan. Kemudian adik-adik juga diminta membuat laporan dari hasil percobaan tersebut.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 56 dan 57


1. Lampu mana yang mempunyai kualitas cahaya paling terang?

Lampu LED.

2. Lampu mana yang paling hemat energi? Jelaskan.

Lampu LED, alasannya dengan daya (watt) yang sama, lampu LED bisa menyala lebih terang. Artinya, bila kita menentukan lampu neon atau bohlam, maka kita harus menentukan lampu dengan watt yang lebih besar untuk menyamakan tingkat cahaya yang dihasilkan lampu LED.


Laporan Kegiatan Percobaan Lampu Hemat Listrik

Nama Percobaan :

Percobaan Lampu Hemat Energi

Tujuan Percobaan :

• Mengetahui jenis lampu yang paling terang.
• Mengetahui jenis lampu yang paling hemat.
• Mengasah kreativitas dan kemampuan menganalisa.

Alat dan materi :

• 1 buah lampu bohlam 5 watt
• 1 bual lampu LED 5 watt
• 1 buah lampu neon 5 watt
• 1 buah dudukan lampu
• Beberapa buah baterai 1,5 volt
• 0,5 m kabel
• Gunting
• Isolasi
• 1 buah kotak/kardus bekas mie instan

Langkah Kerja :

1. Membuat tanda pada kardus untuk menentukan titik letak masing-masing komponen.
2. Rangkai baterai secara seri
3. Tempelkan sakelar dan dudukan lampu di kardus sesuai titik yang telah dibentuk tadi.
4. Kupas ujung kabel dengan gunting, kemudian hubungkan ke kutub faktual baterai.
5. Potong kabel tadi sesuai jarak baterai dan terminal sakelar. Kupas ujung kabel tersebut kemudian hubungkan ke terminal sakelar.
6. Ulangi langkah menyerupai nomor 4 dan 5 untuk menghubungkan terminal sakelar ke terminal dudukan lampu serta terminal dudukan lampu ke kutub negatif baterai.
7. Tempelkan sedikit isolasi ke setiap sambungan kabel dengan terminal dari setiap komponen.
8. Pasang setiap jenis lampu secara bergantian.
9. Amati tingkat kecerahan dari setiap lampu dan catat jadinya bila perlu.

Kesimpulan :

Lampu LED merupakan lampu yang menyala paling terang. Sehingga, lampu ini juga yang paling hemat dikarenakan dengan daya (watt) yang sama, lampu LED bisa menyala lebih terang.



Terima kasih sudah membaca artikel ini, agar Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57  yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam gawekami.com






Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel