Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 36
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 36 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 berjudul Komponen Ekosistem.
Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 28-36. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 30, 31, 32, 34, 36. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 30-36 :
Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia mempunyai lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi sanggup menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.
Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua musim, yaitu isu terkini kering atau isu terkini kemarau dan isu terkini berair atau isu terkini hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan maritim dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.
Diolah dari banyak sekali sumber
Pada halaman 30, teman-teman diminta melaksanakan beberapa kiprah yang diberikan.
2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan
Dengan memakai peta, kau sanggup mengetahui kondisi geografis sebuah negara termasuk kenampakan alamnya. Perhatikan dua kenampakan alam di samping. Tahukah kau nama kenampakan alam tersebut? Dengan mengetahui kenampakan alam, kau juga sanggup mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia dan mata pencaharian penduduk yang ada di sekitarnya. Kini saatnya bagimu untuk mengetahui kondisi geografis daerahmu sendiri dengan memakai peta. Bekerjalah bersama dengan sahabat sebangkumu untuk melaksanakan acara ini.
Siapkanlah alat dan materi menyerupai peta pulau tempat kau tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar peta menyerupai yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk memberikan pada petamu perihal ketinggian daerah masing-masing.
Perhatikanlah nama banyak sekali kenampakan alam yang ada, menyerupai nama gunung, selat, atau maritim yang berada di wilayah tersebut. Dengan memakai warna yang berbeda, menyerupai pada peta asli, kau sanggup membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kau sanggup mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.
Daerah dengan dataran tinggi menyerupai pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada akrab laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk memberikan dan menjelaskan informasi perihal kemungkinan acara penduduk di daerah yang mempunyai perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.
Pemikiran perihal pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari dampak berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan pemikiran seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) berjulukan dr. Wahidin Sudirohusodo. Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari usaha fisik kepada cara usaha melalui pendidikan. Ide ini menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA berjulukan Sutomo yang pada karenanya mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa berjulukan Budi Utomo.
Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo yaitu berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. Sementara kebangkitan cowok Indonesia, ditandai dengan insiden Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapat tantangan. Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa abnormal maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa. Untuk melawan kekuatan asing, muncullah perlawanan masyarakat di segala penjuru Indonesia yang melahirkan tokoh-tokoh yang gagah berani. Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, merupakan dua dari sekian banyak tokoh nasional yang populer berani melawan kekuatan abnormal yang mengancam kesatuan negara Indonesia. Kedua tokoh tersebut berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agusutus 1945.
Pada masa kini, usaha mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan Aceh Merdeka di Aceh dan gerakan Organisasi Papua Merdeka di Papua merupakan gerakan masyarakat yang ingin memisahkan diri dari NKRI pada masa Orde Baru. Setelah masa Orde Baru selesai, digantikan oleh masa Reformasi, para pemimpin nasional pada masa itu berusaha keras melaksanakan perundingan-perundingan untuk meredam agresi perpecahan tersebut. K.H Abdurrahman Wahid, Presiden ke-empat Indonesia merupakan salah satu tokoh nasional yang membantu upaya perdamaian untuk mengatasi perpecahan tersebut.
Sumber Bacaan: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id dengan penyesuaian
Pada halaman 34, teman-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan.
2. Bagaimana kiprah dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?
3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!
4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi bahaya terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?
2. Informasi apa sajakah yang sanggup diperoleh dari sebuah peta geografis?
3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
4. Berikan rujukan bahaya terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang tiba dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.
5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi bahaya terhadap persatuan dann kesatuan bangsa yang tiba dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 30, 31, 32, 34, 36. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 28-36. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 29 dan 32
- Ayo Mencoba halaman 31
- Ayo Berlatih halaman 35 dan 36
- Ayo Renungkan halaman 36
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 30, 31, 32, 34, 36. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 30-36 :
Ayo Membaca
Pada halaman 29, terdapat sebuah teks yang harus dibaca. Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris
Indonesia mempunyai kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di daerah Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau menyerupai Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim yaitu negara yang mempunyai luas maritim lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Oleh sebab itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia mempunyai lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi sanggup menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.
Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua musim, yaitu isu terkini kering atau isu terkini kemarau dan isu terkini berair atau isu terkini hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan maritim dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.
Diolah dari banyak sekali sumber
Pada halaman 30, teman-teman diminta melaksanakan beberapa kiprah yang diberikan.
Jawaban (Halaman 30-31)
1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan memakai tabel di bawah ini.2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan
Negara Indonesia termasuk negara kepulauan sebab terdiri atas pulau-pulau. Indonesia juga termasuk negara maritim, yaitu negara yang lautnya lebih luas dibanding daratannya. Selain itu, Indonesia merupakan negara agraris, yaitu negara yang lebih banyak didominasi penduduknya bekerja sebagai petani. Indonesia mempunyai 2 isu terkini yaitu kemarau dan hujan. Semua kekayaan dan kondisi alam tersebut, para petani dan nelayan Indonesia yang terbantu.
Ayo Mencoba
Dengan memakai peta, kau sanggup mengetahui kondisi geografis sebuah negara termasuk kenampakan alamnya. Perhatikan dua kenampakan alam di samping. Tahukah kau nama kenampakan alam tersebut? Dengan mengetahui kenampakan alam, kau juga sanggup mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia dan mata pencaharian penduduk yang ada di sekitarnya. Kini saatnya bagimu untuk mengetahui kondisi geografis daerahmu sendiri dengan memakai peta. Bekerjalah bersama dengan sahabat sebangkumu untuk melaksanakan acara ini.
Siapkanlah alat dan materi menyerupai peta pulau tempat kau tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar peta menyerupai yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk memberikan pada petamu perihal ketinggian daerah masing-masing.
Perhatikanlah nama banyak sekali kenampakan alam yang ada, menyerupai nama gunung, selat, atau maritim yang berada di wilayah tersebut. Dengan memakai warna yang berbeda, menyerupai pada peta asli, kau sanggup membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kau sanggup mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.
Daerah dengan dataran tinggi menyerupai pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada akrab laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk memberikan dan menjelaskan informasi perihal kemungkinan acara penduduk di daerah yang mempunyai perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.
Dalam pengerjaan.
Ayo Membaca
Pada halaman 33 hingga 34, disajikan sebuah teks yang harus dibaca. Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Pemikiran perihal pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari dampak berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan pemikiran seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) berjulukan dr. Wahidin Sudirohusodo. Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari usaha fisik kepada cara usaha melalui pendidikan. Ide ini menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA berjulukan Sutomo yang pada karenanya mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa berjulukan Budi Utomo.
Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo yaitu berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. Sementara kebangkitan cowok Indonesia, ditandai dengan insiden Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapat tantangan. Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa abnormal maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa. Untuk melawan kekuatan asing, muncullah perlawanan masyarakat di segala penjuru Indonesia yang melahirkan tokoh-tokoh yang gagah berani. Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, merupakan dua dari sekian banyak tokoh nasional yang populer berani melawan kekuatan abnormal yang mengancam kesatuan negara Indonesia. Kedua tokoh tersebut berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agusutus 1945.
Pada masa kini, usaha mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan Aceh Merdeka di Aceh dan gerakan Organisasi Papua Merdeka di Papua merupakan gerakan masyarakat yang ingin memisahkan diri dari NKRI pada masa Orde Baru. Setelah masa Orde Baru selesai, digantikan oleh masa Reformasi, para pemimpin nasional pada masa itu berusaha keras melaksanakan perundingan-perundingan untuk meredam agresi perpecahan tersebut. K.H Abdurrahman Wahid, Presiden ke-empat Indonesia merupakan salah satu tokoh nasional yang membantu upaya perdamaian untuk mengatasi perpecahan tersebut.
Sumber Bacaan: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id dengan penyesuaian
Pada halaman 34, teman-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan.
Jawaban (Halaman 34)
1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?Karena organisasi Budi Utomo bisa membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Sehingga tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo dijadikan momentum kebangkitan nasional.
2. Bagaimana kiprah dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?
Ide Dr.Wahidin Soedirohoesodo yang ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari usaha fisik kepada cara usaha melalui pendidikan telah menarik perhatian Sutomo yang pada karenanya organisasi Budi Utomo berdiri.
3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!
- Saat dulu, persatuan dan kesatuan NKRI terancam oleh muslihat dari penjajah yang berusaha mengadu domba rakyat Indonesia serta gerakan-gerakan dari organisasi-organisasi pemberontak yang berusaha memecah belah bangsa.
- Saat sekarang, persatuan dan kesatuan NKRI terancam oleh sifat-sifat fanatisme, egois, dan perbuatan-perbuatan yang tidak bertanggung jawab menyerupai mengembangkan informasi h0ax, memberikan ujaran kebencian yang sanggup mengadu domba masyarakat.
4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi bahaya terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?
- Saat dulu, usaha yang dilakukan yaitu membentuk organisasi-organisasi untuk menyatukan elemen-elemen masyarakat serta melaksanakan pemberantasan terhadap organisasi pemberontak.
- Saat sekarang, usaha yang dilakukan yaitu membuat instrumen aturan serta penegak aturan untuk memberantas para pelaku yang berusaha memecah belah bangsa.
Ayo Berlatih
Pada halaman 36, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan.Jawaban (Halaman 36)
1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?Karena Indonesia terdiri dari banyak pulau dan mempunyai maritim yang luas dibanding daratannya.
2. Informasi apa sajakah yang sanggup diperoleh dari sebuah peta geografis?
Penampakan alam suatu wilayah, luas wikayah, nama-nama wilayah, dan batas wilayah.
3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
- Kehidupan masyarakat menjadi damai.
- Masyarakat Indonesia tidak gampang diadu domba.
- Mempercepat pembangunan sehingga kehidupan masyarakat lebih sejahtera.
4. Berikan rujukan bahaya terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang tiba dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.
- Tawuran antar pelajar atau golongan masyarakat.
- Sikap f4n4tisme yang membuat kebencian antar golongan/organisasi masyarakat.
- Berita h0ax.
- Ujaran kebencian yang disampaikan di dunia faktual maupun dunia maya.
5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi bahaya terhadap persatuan dann kesatuan bangsa yang tiba dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?
Memperbaiki pola pikir masyarakat Indonesia biar selalu mengutamakan kepentingan masyarakat umum dibanding kepentingan eksklusif atau kelompok. Contohnya dengan bersikap toleran terhadap sesama meskipun berbeda status agama, suku, dan lainnya.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 30, 31, 32, 34, 36. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 36"
Posting Komentar