Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan, Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175

Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 4


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175

Perhatikan gambar-gambar di atas. Bagaimana pendapatmu jikalau kau berada di tempat dalam suasana menyerupai pada gambar tersebut? Tahukah kau bagaimana perjuangan yang dilakukan masyarakat biar keadaan menyerupai pada gambar tersebut terwujud? Salah satu perjuangan yang dilakukan, yaitu memastikan bahwa menjaga kebersihan lingkungan menjadi kewajiban dan tanggung jawab warganya. Salah satu kota yang sangat peduli terhadap kenyamanan warganya yaitu Kota Bandung.

Hal ini terjadi, selain alasannya pemerintah yang peduli, juga keterlibatan masyarakat yang juga menciptakan hal itu bisa terjadi. Secara bergiliran warga masyarakat memelihara kebersihan lingkungan masing-masing sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore. Giliran ini dilakukan oleh warga masyarakat secara suka rela, selain proteksi dari pemerintah kawasan yang turut memperlihatkan fasilitas. Bagaimana dengan kawasan tempat tinggalmu? Apa alhasil bila tanggung jawab untuk menjaga lingkungan tersebut tidak dilaksanakan?

Kunci Jawaban Tematik halaman 169, 170

Ayo Membaca

Permasalahan Sosial di Sekitar Kita

Setiap warga negara, mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai kiprahnya di dalam masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawabnya yaitu melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila, menjamin terjadinya masyarakat yang saling menghargai demi kepentingan bersama. 

Apa saja akhir yang akan terjadi bila anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? Salah satu alhasil yaitu terjadinya persoalan sosial. Berikut ini yaitu jenis-jenis permasalahan social yang terjadi di lingkungan masyarakat.

a. Sampah
Salah satu kebiasaan tak terpuji yaitu membuang sampah sembarangan. Misalnya, siswa membuang bungkus permen dan kuliner di ruang kelas, di halaman sekolah atau di selokan akrab sekolah. Warga masyarakat membuang sampah dapur di parit, di jalan masuk air atau di sungai. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor, banyak awut-awutan hingga ke jalan raya, alasannya tak tertampung di kolam sampah. Hal ini terjadi, alasannya banyak orang tidak bertanggung jawab menjaga lingkungan mereka dengan membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah alasannya tidak sedap dipandang dan mengganggu aktivitas mencar ilmu mengajar. Hal ini mengurangi kenyamanan para siswa yang mencar ilmu di sekolah. Sampah yang awut-awutan di jalan raya, menimbulkan jalan tampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus kemudian lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. Hal ini memengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tersebut.

b. Kali atau Sungai yang Kotor
Kali atau sungai kadang kala dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri, juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dulu. Sementara itu, ada juga orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali. Semua ini menciptakan kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Akibatnya, pada trend penghujan air kali meluap. Menggenangi kawasan sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk. Menurunnya kualitas lingkungan sekitar dan banjir yang diakibatkannya menciptakan masyarakat merasa tidak nyaman.

c. Bangunan Liar
Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas jalan masuk air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini akan mengakibatkan persoalan kesehatan dan kebersihan lingkungan yang menimbukan ketidaknyamanan masyarakat pada umumnya.

d. Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan kemudian lintas sering terjadi pada ketika jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja. Salah satu penyebab kemacetan kemudian lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk menaati hukum kemudian lintas. Hal tersebut sanggup menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.

Temukanlah pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan melaksanakan aktivitas berikut ini.

1. Siapkan sejumlah kartu pokok pikiran menyerupai pola di bawah ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175

2. Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap paragrafnya.
3. Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada lembar kertas kecil yang telah kau siapkan.
4. Diskusikanlah pokok pikiranmu dengan teman-teman di dalam kelompokmu. Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang dibentuk temanmu.
5. Kelompokkan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
6. Ambillah sebuah karton, kemudian tuliskan di kepingan paling atas judul bacaan.
7. Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
8. Tempelkan semua pokok pikiran yang dibentuk sahabat sekelompokmu sesuai paragrafnya.
9. Buatlah sebuah paragraf untuk menciptakan kesimpulan terhadap bacaan tersebut.
10. Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 171, 172

Ayo Mengamati

Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar

Ayo perhatikan sekelilingmu. Bersama dengan sahabat kelompokmu yang tinggal di kawasan yang berdekatan, lakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat di sekitarmu. Carilah gosip dari Ketua RT, atau orang tuamu wacana permasalahan sosial apa saja yang terjadi di sekitarmu. Identifikasikan penyebab persoalan sosial tersebut dihubungkan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban anggota masyarakat. Sebutkan juga, perjuangan apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Tuliskan gosip dan hasil identifikasi yang kau lakukan di tabel berikut ini.

Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal
Masalah Sosial
Penyebab
Akibat
Usaha Untuk Mengatasi

Sampah
Kebiasaan membuang sampah sembaranganKenyamanan dan keamanan tergangguMembiasakan dan menganjurkan membuang sampah pada tempatnya

Sungai Kotor
Sungai dijadikan tempat pembuangan sampahSaat trend hujan banjir meluapMembuang sampah pada tmpat yang telah disediakan


Bangunan Liar
Membuat bangunan di atas jalan masuk air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layangKetidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat Membuat bangunan di tempat yang tidak mengganggu aktifitas warga masyarakat


Kemacetan Lalu Lintas
Pengguna jalan tidak memenuhi kewajibannya dan tidak menaati peraturan kemudian lintas.Ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.Sosialisasi pentingnya menaati praturan kemudian lintas bagi pengguna jalan


Kesimpulan :
Masalah sosial menimbulkan pencemaran lingkungan berdampak pada kesehatan, lingkungan, dan sosial-ekonomi.  Masalah sosial sanggup diatasi jikalau semua warga melaksanakan kewajiban dan haknya dngan benar.

Lakukanlah hal yang sama dengan mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi di sekolahmu. Kamu tahu bahwa sebagai pelajar mempunyai hak dan kewajiban. Demikian juga dengan anggota komunitas sekolahmu, menyerupai para guru dan pegawai lainnya.

Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah
Masalah Sosial
Penyebab
Akibat
Usaha Untuk Mengatasi
Siswa sering absen sekolahKurang perhatian dari orang tuaSiswa ketinggalan materi pelajaranMemberikan bimbingan wacana pentingnya sekolah
Membuang sampah sembaranganKurangnya kesadaran menjaga kebersihan libgkunganLingkungan sekolah kurang nyaman untuk belajarMembiasakan membuang sampah pada tempat yang disediakan
Siwa berkelahiKurangnya raa mengasihi dan menyayangiSuasana mencar ilmu kurang nyamanMembiasakan siswa lbih mngnal antara satu dengan yang lainnya.
Kekerasan fisik guru terhadap siswaKurangnya pemahaman guru wacana pendidikanSiswa mengalami traumaMemberikan pemahaman wacana tujuan pendidikan di sekolah

Kesimpulan:
Masalah sosial di lingkungan sekolah menimbulkan suaana mencar ilmu menjadi kurang nyaman. Masalah tersebut sanggup diatasi/dikurangi dengan pemahaman yang baik wacana kewajiban dan hak masing-maing.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 174, 175

Ayo Membaca


Usaha Bolu Meranti Medan

Ada yang bilang, kalau pulang dari Medan tanpa membawa Bolu Meranti, berarti ia tidak benar-benar pergi ke Medan. Ya, siapa yang tidak tahu Bolu Meranti? Tetapi ternyata, bolu ini menjadi buah tangan khas Medan mulai tahun 2000-an. Sebelum itu, orang tidak tahu apa-apa wacana buah tangan tersebut.

Bolu Meranti yaitu kuliner berupa bolu gulung berbahan dasar telur dan tepung yang diisi aneka macam macam isian. Untuk menciptakan bolu ini, diharapkan panggangan untuk memanggang gabungan yang telah dibentuk sebelumnya. Saat ini ada aneka macam isian untuk bolu ini. Ada isian keju, cokelat, moka, stroberi, dan kacang. Nama Meranti berasal dari nama jalan di mana bolu ini pertama kali dijual untuk umum. Bolu ini mempunyai rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan usang meskipun tidak memakai materi pengawet. Siapakah orang di belakang bolu populer ini?

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175

Seorang ibu berjulukan Ai Ling suatu hari menitipkan bolu buatannya di toko milik salah satu kerabatnya yang berlokasi di Jalan Meranti. Ai Ling yang sedari muda dikenal suka memasak dan menciptakan camilan manis ini, lama-kelamaan kewalahan dengan pesanan bolu yang dibuatnya. Hingga suatu ketika ia membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Namun, ia tetap memakai nama Meranti sebagai nama bolunya untuk menjaga biar pelanggannya ingat akan bolu buatannya.

Ai Ling tidak menyangka usahanya ini sanggup menciptakan Kota Medan semakin terkenal. Banyak orang telah mendapat manfaat dari usahanya menciptakan bolu. Bahkan ia pun membuka gerai di Bandar Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai buah tangan khas Kota Medan.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Bagaimana camilan manis Bolu Meranti menjadi buah tangan khas Kota Medan? Bolu ini mempunyai rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan usang meskipun tidak memakai materi pengawet.
  2. Usaha apa saja yang dilakukan pemiliknya sehingga menciptakan bolu ini terkenal? Ai Ling membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Banda Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai buah tangan khas Kota Medan.
  3. Bagaimana efek keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan? Usaha bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan.
  4. Bagaimana efek keberadaan Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya? Bolu Meranti menjadi ciri khas Kota Medan.
  5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleholeh khas daerahmu? Gethuk Goreng Sokaraja.

Ayo Mengamati

Bagaimana dengan aktivitas masyarakat di kawasan tempat tinggalmu? Lakukanlah aktivitas berikut ini di dalam kelompok.

  1. Carilah gosip wacana buah tangan khas daerahmu yang populer hingga wilayah lain. Oleh-oleh itu sanggup berupa makanan, atau kerajinan tangan khas kawasan sepeti kain, patung, atau kerajinan lainnya.
  2. Catatlah gosip tersebut.
  3. Tuliskanlah kesimpulanmu dari aktivitas ini.

Nama buah tangan khas:
Gethuk Goreng Sokaraja

Keunikan atau kekhasan:
  1. Gethuk Goreng yang bercita rasa manis ini mempunyai aneka rasa atau aroma menyerupai : rasa gula merah, cokelat, durian dan lain-lain. 
  2. Gethuk Goreng ini dikemas apik dalam besek sehingga sangat cocok untuk buah tangan alasannya sanggup disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari.

Manfaatnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar:
  1. Usaha Gethuk Gorng Sokaraja membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Sokaraja dan sekitarnya,
  2. Usaha Gethuk Goreng bisa menambah penghasilan warga Sokaraja.
  3. Gethuk Goreng menjadi kuliner khas dari Kabupaten Banyumas.




Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam



Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 169, 170, 171, 172, 174, 175"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel