Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan, Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 1


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Di suatu sore, Ibu sedang menyiapkan makan malam di dapur, dan Lani gres saja menuntaskan pekerjaan rumahnya. Lani menghampiri ibunya di dapur untuk menunjukkan bantuan.

Lani : “Wah… Aroma masakannya busuk sekali, Bu! Ibu sedang memasak apa?”

Ibu : “Nanti kau juga tahu. Ini masakan gres Ibu. Kemarin Ibu menontonacara memasak di televisi. 

Ibu sedang mencoba salah satu resep yangdiajarkan di program tersebut. Kamu niscaya suka!”

Lani : “Wah, saya jadi penasaran! Hebat juga Ibu bisa berguru memasak dari televisi!  Berarti saya juga bisa, ya!”

Ibu : “Televisi itu merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak ditonton masyarakat kita, kan? Ada banyak warta yang bisa diperoleh dari televisi, termasuk warta wacana memasak ini. Selain televisi, kini ada internet yang menyediakan banyak sekali warta melalui situs-situsnya. Yuk, bantu Ibu memasak. Tolong ambilkan spatula kayu itu untuk mengaduk sayuran yang sudah Ibu masukkan ke dalam masakan Ibu tadi, ya Lani.”

Lani : “Baik, Bu. Ngomong-ngomong, mengapa tidak menggunakan sendok sayur yang biasa kita pakai untuk mengambil sayur dari panci untuk mengaduk, Bu?”

Ibu : “Tahukah kau sendok sayur yang biasa kita pakai itu terbuat dari materi apa? Coba bandingkan dengan spatula kayu itu. Apakahkeduanya terbuat dari materi yang sama?”

Lani : “Sendok sayur itu terbuat dari logam dan spatula itu dari kayu. Lalu?”

Ibu : “Manakah yang berdasarkan Lani akan gampang panas jika bersentuhan dengan kuah sayur yang mendidih di dalam panci itu? Sendok sayur dari logam itu atau spatula kayu?”

Lani : “Ah, saya tahu, Bu! Tentu saja sendok sayur logam akan lebih gampang panas! Saya tahu mengapa! Saat sendok logam ini mengenai kuah panas, panas dari kuah itu akan dialirkan melalui sendok logam itu, sehingga ia ikut panas. Itu konduksi, kan!”

Ibu : “Ah, kau mengamati dengan baik, Lani! Jadi, mana yang akan kau pakai untuk mengaduk sayur itu? Spatula kayu atau sendok sayur logam?”

Lani : “Ah, Ibu! Tentu saja spatula kayu akan saya pakai semoga tanganku tidak kepanasan! Terima kasih sudah mengingatkanku, Ibu!”

Ibu : “Sama-sama, Nak.”

Masih ingatkah kau mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat mediator yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari daerah yang panas menuju daerah yang lebih dingin. Ada mediator panas yang sanggup menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak.

Ayo Membaca

Lani menentukan benda yang terbuat dari materi kayu untuk mengaduk kuah panas, alasannya ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita, terdapat banyak materi yang sanggup menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama! Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari buku elektronik, yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat isinya, dibutuhkan jaringan internet dan alat elektronik ibarat telepon genggam atau komputer pribadi. Oleh karenanya, buku elektronik menjadi salah satu media elektronik yang juga sering digunakan oleh masyarakat modern.

Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan banyak sekali macam bahan. Pemilihan materi didasarkan pada sifat yang dimiliki materi tersebut. Misalnya, benda yang sanggup menghantarkan panas dan benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Bahan yang sanggup menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada materi yang sedikit dapatmenghantarkan panas yang disebut dengan materi semikonduktor.

Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari materi logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk menciptakan alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa materi yang termasuk sebagai isolator, antara lain ialah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Penggunaan materi konduktor dan isolator, sanggup diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas materi yang berbeda. Ada materi yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan materi isolator berkhasiat untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Aliran panas berhenti pada materi isolator alasannya materi tersebut, tidak sanggup mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan materi isolator terutama untuk melindungi pemakai alat semoga tidak kepanasan dan sanggup menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 138, 139

Ayo Menulis

Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kau akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, kemudian carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.
Kata
Arti
Kalimat
Bahan
Barang yang akan dibentuk menjadi satu benda tertentu; bakal;Panci terbuat dari materi aluminium
Bahan konduktor biasanya terbuat dari materi logam. 
Menghantar
Mengirimkan (membawa) ke:Logam besi sanggup menghntar panas dengan baik
Bahan isolator sulit menghantar panas.
Konduktor
Benda atau materi penghantar panas, arus listrik, atau suaraBeberapa pola materi yang bersifat konduktor antara lain besi, tembaga, baja, aluminium
Ada banyak materi yang digolongkan ke dalam jenis konduktor.
Isolator
Penyekat atau pengisolasi Isolator merupakan jenis materi yang mempunyai sifat berlawanan dengan materi konduktor.
Isolator bersifat tidak menghantarkan panas.
Semikonduktor
Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolatorBahan semikonduktor bisa ditemukan pada banyak sekali komponen elektronika.
Bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronik ialah Germanium (Ge) dan Silikon (Si).
Alat
Benda yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu: perkakas; perabot(an)Isolator melindungi pemakai alat semoga tidak kepanasan.
Panci, wajan, dan kompor termasuk alat-alat dapur.

Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraph bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.

Paragraf
Paragraf
Satu
  1. Di sekitar kita terdapat banyak benda dengan banyak sekali macam bahan
  2. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki materi tersebut. 
  3. Bahan yang sanggup menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. 
  4. Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut dengan isolator. 
  5. Bahan yang sedikit sanggup menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Dua
  1. Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari materi logam. 
  2. Jenis logam yang paling sering digunakan antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
Tiga
  1. Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut isolator. 
  2. Beberapa materi yang termasuk sebagai isolator, antara lain ialah kayu, kain, dan plastik.
Empat
  1. Penggunaan materi konduktor dan isolator, sanggup diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat
  2. Ada materi yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. 
  3. Penggunaan materi isolator berkhasiat untuk mencegah panas dari sumber panas.

Perlihatkanlah hasil pekerjaanmu kepada sahabat sebangkumu. Lihatlah persamaan dan perbedaannya. Kamu juga sanggup mendiskusikan alasanmu menentukan kalimat penting di setiap paragraf. Apakah kalimat yang kau buat mewakili pokok pikiran pada paragraf tersebut?

Dengan menggunakan hal-hal penting yang kau tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kau sanggup juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Ceritakanlah diagram yang kau buat di atas dalam sebuah kelompok yang terdiri atas paling banyak empat orang. Jelaskan pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan suara, intonasi, dan lafal yang jelas. Mintalah tanggapan dari temanmu dan lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 141, 142, 143

Ayo Mengamati

Berdasarkan bacaan di atas, kau tahu bahwa banyak benda di sekitar kita yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas yang berbeda. Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan menghantar sebuah benda? Berikut ini ialah kegiatan yang sanggup kau lakukan untuk menyidik kemampuan menghantarkan panas pada materi yang berbeda-beda. Lakukanlah kegiatan ini di dalam kelompok. Siapkan alat dan materi yang diperlukan, kemudian ikutilah langkah kegiatannya. Amati dan catat setiap perubahan yang terjadi.

Alat dan bahan:
  1. Batang besi yang panjangnya lebih kurang 50 cm.
  2. Batang tembaga panjang lebih kurang 50 cm.
  3. Sumpit bambu yang ujungnya diikat dengan karet gelang.
  4. Sumpit dari materi plastik, ujungnya diikat dengan karet gelang.
  5. Bahan kain untuk memegang benda panas
  6. Lilin.
  7. Korek api.

Langkah-langkah kegiatan:
  1. Bakarlah besi di atas lilin yang telah dinyalakan dengan korek api. Peganglah ujung besi dengan tanganmu. Bila kau telah mencicipi panas, segera pindahkan besi dari nyala api.
  2. Peganglah batang besi dengan menggunakan sumpit bambu.
  3. Letakkan kembali ujung besi di atas nyala lilin. Apakah yang kau rasakan? Catatlah. Mengapa demikian?
  4. Ambil dan letakkan batang tembaga di atas nyala lilin. Bila terasa panas, pindahkan dari nyala api.
  5. Lapisilah tembaga dengan kayu pada bab ujung yang kau pegang.
  6. Letakkan kembali batang tembaga di atas nyala lilin. Apakah yang kau rasakan? Mengapa demikian?
  7. Lakukanlah kegiatan yang sama. Kali ini ganti sumpit bambu dengan sumpit berbahan plastik. Catat apa yang kau lihat dan rasakan.
  8. Ganti sumpit berbahan plastik dengan materi kain yang biasa digunakan untuk memegang benda panas di dapur, untuk memegang besi dan tembaga yang telah dipanaskan di atas api lilin. Catat apa yang kau lihat dan rasakan.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan di atas.
  1. Apakah yang terjadi pada ketika kau memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit yang terbuat dari bambu?  Tangan tidak mencicipi panas dari lilin yang mengalir melalui besi dan tembaga.
  2. Mengapa demikian? Karena sumpit bambu merupakan isolator sehingga tidak bisa menghantarkan panas.
  3. Apakah yang terjadi pada ketika kau memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan sumpit dari materi plastik? Tangan tidak mencicipi panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga.
  4. Mengapa demikian? Karena sumpit plastik, merupakan isolator sehingga tidak bisa menghantarkan panas. 
  5. Apakah yang terjadi pada ketika kau memegang batang besi dan tembaga dengan menggunakan materi kain? Tangan tidak mencicipi panas dari lilin yang merambat melalui besi atau tembaga.
  6. Mengapa demikian? Karena kain handuk yang merupakan isolator sehingga tidak bisa menghantarkan panas. 
  7. Pada percobaan di atas, materi manakah yang berfungsi sebagai konduktor? Besi dan tembaga.
  8. Pada percobaan di atas, materi manakah yang berfungsi sebagai isolator? Kayu, plastik, dan kain handuk.
  9. Sebutkanlah paling sedikit 3 materi lain yang berfungsi sebagai isolator! Styrofoam, kertas, dan karet. 

Tuliskanlah kesimpulan yang kau dapatkan dari kegiatan percobaan di atas.

Tidak semua jenis materi sanggup menghantarkan arus listrik dengan baik. Ada materi yang sanggup menghantarkan panas dengan baik ada pula materi yang sangat jelek menghantarkan panas. Bahan-bahan yang sangat baik daya hantarnya disebut konduktor sedang yang sangat jelek daya hantarnya disebut isolator.






Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam



Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 139, 141, 142, 143"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel