Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 37, 38, 40, 41 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.
 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 36-44. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mencoba halaman 36
  • Ayo Berlatih halaman 36, 37, 38, dan 41
  • Ayo Membaca halaman 37, 41, dan 42
  • Ayo Mengamati halaman 39 dan 41
  • Ayo Bernyanyi halaman 40
  • Ayo Renungkan halaman 43


Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 37, 38, 40, 41. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 37-41 :

Ayo Berlatih

Pada halaman 37, teman-teman diminta menemukan kata kunci dari “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah” yang merupakan judul dari teks yang ada pada subjudul selanjutnya. Lalu teman-teman juga diminta menuliskan asumsi isu yang terdapat pada teks menurut kata kunci yang ditemukan.

Jawaban (Halaman 37)

 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Ayo Membaca

Pada halaman 37 hingga 38, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.

Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41
Terik matahari seakan memperabukan siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah. Di depan sekolah, banyak sekali jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya. Panasnya siang menciptakan para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman cuek berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapa ancaman menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ badan mereka.

Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta embel-embel buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011). Sesungguhnya rhodamin yakni zat pewarna tekstil, sementara formalin yakni materi pengawet yang juga digunakan untuk mengawetkan jenazah, dan boraks yakni materi kimia yang kerap digunakan sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksi organ badan kita dikala mendapatkan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!

Lingkungan di sekitar sekolah patut menerima perhatian khusus terhadap ancaman ini. Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih gampang tertarik dengan masakan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diperlukan tugas sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual masakan sehat. Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan agresi nasional menuju masakan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi. Komunitas sekolah menjadi kawan yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan agresi ini. Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya masakan bergizi serta mengenal gejala masakan yang tidak kondusif dikonsumsi. Mari kita ciptakan generasi sehat melalui masakan yang sehat!

Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015

Ayo Berlatih

Setelah membaca teks di atas, teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 38)

Apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci menurut perkiraanmu?
Sama.

Ayo Mengamati
 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Pada halaman 39, teman-teman diminta mengamati gambar alat musik yang disajikan. Kemudian ada halaman 40, teman-teman diminta menyebutkan nama alat musik tersebut beserta kawasan asalnya.

Jawaban (Halaman 40)

1. Angklung, berasal dari Jawa Barat.
2. Gamelan Bali, berasal dari Bali.
3. Tifa, berasal dari Papua.
4. Gordang Sambilan, berasal dari Sumatra Utara.

Ayo Bernyanyi

Pada halaman 40, disajikan sebuah lagu tradisional berjudul “Mariam Tomong”.
 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Ayo Mengamati

Pada halaman 41, teman-teman diminta mengamati isi lagu di atas menurut syairnya. Kemudian tanyakan kepada orang yang teman-teman anggap tahu. Teman-teman juga sanggup meminta orang cukup umur untuk mencari isi lagu di atas melalui internet. Kemudian tulis pada kolom yang tersedia.

Jawaban (Halaman 41)

Lagu Mariam Tomong berisi lirik yang menggambarkan kasih sayang seorang ibu yang berusaha menidurkan anaknya, berharap anaknya bermimpi indah. Dalam lirik lagu ini juga terdapat harapan-harapan sang ibu terhadap anaknya kelak.
Sumber : http://www.kumpulanlagudaerah.web.id

Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 37, 38, 40, 41. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel