Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 Halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115
gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita, Halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115
Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 4
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu, insiden terjadinya angin maritim dan angin darat yang dimanfaatkan oleh para nelayan untuk melaksanakan aktivitas mereka? Perhatikanlah gambar di atas. Para nelayan Panti Ngrenehan, Gunung Kidul, Yogyakarta, kembali ke pantai saat matahari telah naik pada siang hari. Mereka berangkat melaut pada malam dan dini hari, melaut ke tengah laut, dan menebarkan jala mereka untuk menangkap ikan. Ketika mereka telah menyentuh bibir pantai pada siang hari, mereka akan disambut oleh para nelayan lain untuk membantu menggeser bahtera mereka ke daratan. Beberapa rekan nelayan lainnya, akan membantu nelayan penangkap ikan itu untuk menurunkan hasil tangkapannya, sedangkan nelayan yang lain membereskan peralatan menangkap ikan. Begitulah keseharian aktivitas para nelayan yang biasanya hidup berkelompok dalam sebuah perkampungan atau desa nelayan. Lalu, ke manakah hasil tangkapan ikan itu mereka bawa? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama.
Ayo Membaca
Kehidupan Nelayan Indonesia
Perhatikanlah gambar di atas. Para nelayan dan pedagang ikan bertemu di sebuah tempat pelelangan ikan di salah satu tempat di Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darusalam. Tempat pelelangan ikan merupakan tempat bertemunya para pembeli ikan dan para nelayan yang telah menangkap ikan. Para pembeli di pelelangan ikan, biasanya yaitu para pedagang. Mereka akan menjual kembali hasil tangkapan para nelayan ini, kepada para konsumennya.
Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada animo tangkap ikan. Akan tetapi, jikalau gelombang maritim sedang besar dan cuaca buruk, tempat ini menjadi sepi. Para nelayan tidak sanggup melaut, sehingga mereka tidak punya hasil tangkapan yang sanggup dijual. Begitulah kehidupan para nelayan.
Para nelayan juga harus memelihara maritim tempat mereka mencari ikan. Mereka tidak memakai zat berbahaya menyerupai racun dan bom ikan yang akan memusnahkan isi laut. Mereka memakai peralatan sederhana, menyerupai jala ikan biasa dan memakai bahtera nelayan tradisional. Ketika bahtera mereka telah penuh dengan muatan ikan, mereka akan kembali ke pantai untuk menjual tangkapan mereka. Mereka harus memastikan maritim mereka tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya yang sanggup mengancam kehidupan biota maritim dan kehidupan mereka sendiri.
Kehidupan para nelayan pun diwarnai dengan serangkaian aktivitas yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka. Beberapa aktivitas menyerupai Perayaan Petik Laut dilakukan untuk mengatakan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini pun dimaksudkan biar mereka terlindung dari ancaman dan maritim menghasilkan banyak ikan untuk ditangkap.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 107, 108, 109
Ayo Menulis
Buatlah daftar hal-hal penting yang kau temui pada setiap paragraf di dalam bacaan. Gunakan tabel berikut untuk menuliskannya.
Gunakanlah kalimat lengkap dan kata-kata baku dengan tepat.
Paragraf | Hal-Hal Penting dari Bacaan |
---|---|
Pertama |
|
Kedua |
|
Ketiga |
|
Keempat |
|
Lalu, buatlah sebuah diagram yang menjelaskan isi bacaan di setiap paragraf, menyerupai yang telah dicontohkan pada pembelajaran kedua. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan. Buatlah garis dari judul bacaan yang mewakili pokok pikiran dari bacaan ke arah pokok pikiran dari masingmasing paragraf. Berilah keterangan kekerabatan antara isi bacaan dengan pokok pikiran di setiap paragrafnya. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Garisbawahi pokok pikiran di setiap paragraf dari bacaan di atas. Lalu buatlah pertanyaan dengan memakai kata tanya yang sesuai. Kamu sanggup memakai kata tanya: apa, siapa, mengapa, kapan, bagaimana, dan di mana.
Tuliskanlah pertanyaan dan jawabannya pada tempat yang tersedia berikut ini.
- Siapa saja yang bertemu di tempat pelelangan ikan? (Nelayan dan pedagang ikan)
- Kapan biasanya tempat pelelangan ikan ramai? (Setiap hari pada animo tangkap ikan)
- Bagaimana cara para nelayan harus memelihara maritim tempat mencari ikan?(Tidak memakai zat berbahaya dan alat tangkap sederhana)
- Siapa yang mensugesti kehidupan para nelayan? (Nenek moyang mereka)
Tuliskanlah pemahamanmu perihal isi bacaan dalam goresan pena satu paragraph berikut.
Para nelayan dan pedagang ikan bertemu di sebuah tempat pelelangan ikan. Tempat pelelangan ikan ramai setiap hari pada animo tangkap ikan. Para nelayan juga harus memelihara maritim tempat mereka mencari ikan. Kehidupan para nelayan diwarnai dengan serangkaian aktivitas yang telah diturunkan dari nenek moyang mereka.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 110, 111
Ayo Membaca
Kegiatan pelelangan ikan merupakan salah satu pola aktivitas yang di dalam masyarakat melibatkan interaksi atau kekerabatan antara individu, kelompok dan kehidupan sosialnya. Apa saja yang terjadi dalam sebuah aktivitas pelelangan ikan? Simaklah bacaan berikut ini!
Kegiatan Pelelangan Ikan
Kegiatan pelelangan ikan merupakan sebuah aktivitas pertemuan antara para nelayan penangkap ikan sebagai penjual ikan dengan para pembeli, yang biasanya yaitu para pedagang ikan. Dalam pelelangan ikan, para pembeli akan melaksanakan penawaran secara pribadi yang dibantu oleh juru lelang. Para juru lelang ini akan mengatakan harga, dari harga paling rendah yang ditentukan penjual. Lalu para pembeli akan melaksanakan penawaran. Pembeli dengan harga penawaran tertinggi akan mendapat barangnya.
Para penjual yaitu para nelayan yang biasanya menangkap ikan di maritim secara berkelompok. Hasil tangkapan ikan segar mereka, akan dibawa ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk ditimbang, kemudian diletakkan berjajar dengan hasil tangkapan nelayan yang lain. Setelah semua hasil tangkapan ikan diletakkan dan semua pembeli siap melaksanakan pelelangan, juru lelang akan memulai proses jual beli. Kegiatan pelelangan ini biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja, alasannya yaitu ikan segar harus segera dipasarkan. Para nelayan penangkap ikan, berharap hasil tangkapannya akan mendapat harga yang layak untuk memenuhi hidup keluarganya. Hasil penjualan ikan ini pun, harus dibagi dengan nelayan dalam kelompoknya.
Tempat Pelelangan Ikan (TPI) biasanya dibangun di tempat pelabuhan ikan, dimana para nelayan biasa berlabuh untuk membawa hasil tangkapannya. TPI biasanya dibangun oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk melindungi para nelayan biar hasil tangkapannya mendapat harga yang baik untuk memenuhi kehidupan keluarganya.
Pembeli ikan di tempat pelelangan, biasanya yaitu pedagang besar yang akan menjual kembali hasil lelang ikan ke pasar-pasar. Para pembeli ikan ini tidak hanya berasal dari tempat setempat, sanggup juga berasal dari tempat yang lain. Para pedagang ikan ini, akan menjual hasil maritim terutama ke daerah-daerah yang jauh dari pantai, menyerupai di kota atau di tempat pegunungan. Oleh karenanya, para pedagang ini memerlukan alat transportasi untuk membawa barang dagangannya ke daerah-daerah lain yang membutuhkan.
Perhatikan kembali gambar dan bacaan perihal kehidupan nelayan dan aktivitas pelelangan ikan di atas. Amatilah, siapa saja yang terlibat dalam aktivitas pelelangan ikan tersebut? Apakah mereka mempunyai kiprah yang sama dalam aktivitas tersebut? Bagaimana interaksi yang terjadi di antara mereka?
Bersama dengan teman sebangkumu, cobalah untuk memilih kiprah setiap orang yang terlibat di dalam aktivitas pelelangan ikan tersebut. Tuliskanlah hasil identifikasi di dalam tabel di bawah ini.
Hasil Pengamatan Gambar dan Bacaan | |
---|---|
Nelayan | Peran : Sebagai penjual ikan di TPI |
Juru Lelang | Peran : Menawarkan harga kepada calon pembeli |
Pedagang Besar | Peran : Menjual ikan ke tempat lain |
Penyedia alat transportasi | Peran : Membawa ikan dari TPI ke tempat lain |
Kesimpulan apa yang sanggup kau ambil dari hasil pengamatanmu?
Setiap warga negara mempunyai kiprah berbeda serta mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 112
Ayo Berlatih
Kamu tentu tahu bahwa setiap warga negara, apa pun kegiatannya, mempunyai hak dan kewajiban tertentu. Setiap aktivitas yang dilakukan sebagai bentuk interaksi dengan lingkungannya, akan mengatakan imbas secara ekonomi dan sosial budaya dalam masyarakat tersebut.
Perhatikan kembali kehidupan nelayan dan aktivitas pelelangan ikan pada bacaan sebelumnya. Banyak orang yang terlibat dalam aktivitas itu. Setiap yang terlibat, mempunyai kiprah yang berbeda biar aktivitas pelelangan itu berjalan sesuai tujuannya. Orang-orang yang mempunyai kiprah berbeda tersebut, juga mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda satu dengan yang lain.
Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengamatan dan diskusi terhadap aktivitas pelelangan ikan tersebut. Tentukanlah kiprah setiap orang yang terlibat di dalamnya, juga hak dan kewajibannya. Gunakan peta pikiran berikut untuk menuliskan ilham dan pendapatmu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 113, 114, 115
Ayo Berdiskusi
Kegiatan pelelangan ikan, merupakan salah satu pola terjadinya interaksi masyarakat terhadap lingkungannya untuk membangun perekonomian dan kehidupan sosial budaya mereka. Kamu juga sanggup mengamati bahwa setiap aktivitas dalam masyarakat, melibatkan pemenuhan hak dan kewajiban setiap orang di dalamnya.
Banyak aktivitas masyarakat yang sanggup kau amati di sekitarmu. Oleh alasannya yaitu itu, lakukanlah aktivitas berikut ini dalam kelompok. Setiap kelompok mendapat kiprah mengamati aktivitas masyarakat di tempat yang berbeda. Jika kau tidak sanggup mengamati pribadi aktivitas tersebut, kau sanggup mengamati melalui gambar.
Ikutilah langkah aktivitas sebagai berikut.
Bagi kelas dalam 5 kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk menciptakan buku perihal topik yang diberikan . Buku tersebut berisi :
- Halaman 1 : sampul yang berisi tempelan gambar sesuai topik kelompok. Gambar sanggup diperoleh dari majalah atau koran atau media lainnya atau sanggup digambar sendiri.
- Halaman 2 : identifikasi individu-individu yang terlibat dalam komunitas tersebut, contohnya dalam komunitas pasar ada pedagang, penjual, pengangkut sampah, dll dan kiprahnya dalam pembangunan ekonomi pada komunitas tersebut.
- Halaman 3 : Identifikasi hak dan kewajiban dari masing-masing peran.
- Halaman 4 : Buatlah sebuah peta pikiran yang meliputi semua konsep yang dibahas dalam buku.
1. Pasar
Individu dalam Komunitas
Pasar | |
---|---|
Pedagang | Peran : Menyediakan kebutuhan para pembeli |
Petugas Retribusi Pasar | Peran : Membantu menambah pendapatan daerah |
Buruh Angkut | Peran : Mengangkut barang pembeli dan penjual |
Petugas Kebersihan Pasar | Peran : Menjaga kebersihan pasar |
Hak dan Kewajiban
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Pedagang | Mendapatkan tempat untuk berjualan/kios | Membayar retribusi dan biaya sewa kios |
Petugas Retribusi Pasar | Mendapatkan gaji/upah | Menyetorkan hasil retribusi kepada pemerintah: |
Buruh Angkut | Memperoleh uang atas jasa yang diberikan | Mengantarkan barang hingga tujuan dengan selamat |
Petugas Kebersihan Pasar | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan lingkungan pasar |
2. Balai Desa
Individu dalam Komunitas Pasar | |
---|---|
Kepala Desa | Peran : Mengkordinasikan aktivitas pemerintahan di desa |
Perangkat Desa | Peran : Membantu pelaksanaan kiprah kepala desa |
Petugas Kebersihan | Peran : Menjaga kebersihan lingkungan balai desa |
Penjaga Keamanan | Peran : Menjaga keamanan balai desa |
Hak dan Kewajiban
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Kepala Desa | Mengajukan rancangan dan tetapkan Peraturan Desa | Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa; |
Perangkat Desa | Mendapat honor atas pekerjaan yang dilakukan | Membantu kiprah kepala desa sesuai bidangnya |
Petugas Kebersihan | Memperoleh uapah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan balai desa |
Penjaga Keamanan | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga keamanan lingkungan balai desa |
3. Puskesmas
Individu dalam Komunitas
Pasar | |
---|---|
Dokter | Peran : Memerikan layanan kesehatan kepada pasien Puskesmas |
Perawat | Peran : Membantu dokter merawat pasien |
Petugas Kebersihan | Peran : Menjaga kebersihan rumah sakit/puskesmas |
Tenaga Administrasi | Peran : Mengadministrasikan aktivitas Puskesmas |
Hak dan Kewajiban
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Dokter | Memperoleh honor dari pekerjaannya | Memberikan pelayanan medis sesuai standar profesi |
Perawat | Berhak untuk mendapat penghargaan dan imbalan yang layak atas jasa profesi yang diberikannya | Memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan sesuai dengan standar profes |
Petugas Kebersihan | Memperoleh uapah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit/puskesmas |
Tenaga Administrasi | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Mengadministrasikan aktivitas Puskesmas dengan baik |
4. Kantor Pos
Individu dalam Komunitas
Pasar | |
---|---|
Kepala Kantor Pos | Peran : Melayani kebutuhan surat menyurat dan kebutuhan lainnya |
Petugas Pengantar Surat | Peran : Mengantar surat hingga ke alamat tujuan |
Tenaga Administrasi | Peran : Mengadministrasikan aktivitas di kantor pos |
Satpam | Peran : Menjaga keamanan dan ketertiban kantor pos |
Hak dan Kewajiban
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Kepala Kantor Pos | Memperoleh honor dari pekerjaannya | Melayani kebutuhan semua pengunjung kantor pos |
Pengantar Surat | Mendapat honor atas pekerjaan yang dilakukan | Mengantar surat hingga tujuan |
Tenaga Administrasi | Memperoleh uapah atas pekerjaan yang dilakukan | Mengadministrasikan aktivitas yang ada di kantor pos |
Satpam | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga keamanan dan ketertiban pengunjung kantor pos |
Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 Halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 Halaman 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115"
Posting Komentar