Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172 – Buku siswa kelas 6 tema 5 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Wirausaha dengan subtema 3 berjudul Ayo, Belajar Berwirausaha.
Pada subtema 3 pembelajaran 4 terdiri dari 14 halaman yaitu halaman 159-172. Dalam pembelajaran 4 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 3 pembelajaran 4 halaman 161-172 :
Suatu sore, Udin dan teman-teman berkesempatan bertemu dengan Pak Gino. Beliau yaitu seorang tokoh wirausahawan sukses yang sederhana dan suka membuatkan ilmu. Beliau memulai perjuangan mainan kayu edukatif beberapa tahun yang lalu. Sekarang, produknya sudah dikenal dan dipakai oleh banyak sekali Taman Kanak-kanak dan Taman Bermain.
Sore itu, Udin, Edo, dan Siti pulang dengan bekal ilmu baru. Semakin besar lengan berkuasa keinginan mereka mengikuti jejak Pak Gino suatu hari nanti.
[Santi]
Kemudian pada halaman 161 dan 162, disajikan pertanyaan yang harus dijawab.
2. Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan ketika akan melaksanakan suatu usaha?
3. Apa yang harus dilakukan biar perjuangan kita dikenal oleh masyarakat?
4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat? Jelaskan.
5. Jika kau yaitu Pak Gino, bagaimana kau melaksanakan tanggung jawabmu sebagai seorang wirausahawan?
6. Jika di sekitar daerah usahamu, ada pengusaha lain yang membuka perjuangan yang serupa, bagaimana sikapmu?
Pada halaman 165, teman-teman diminta mengamati gambar yang disajikan.
Kemudian di bawahnya terdapat sebuah pertanyaan seputar bola.
2. Sebuah bola mempunyai jari-jari 15 cm. Hitunglah volume udara yang terdapat dalam bola tersebut.
3. Sebuah balon raksasa berbentuk bola mempunyai diameter 2 meter. Hitunglah volume udara yang terdapat dalam balon tersebut.
4. Buatlah soal dongeng wacana volume bola. Tukarkan soal dongeng tersebut dengan salah satu temanmu dan minta mereka menjawabnya.
Kemudian pada halaman 171 hingga 172, teman-teman menjawab beberapa pertanyaan.
Persamaan
Perbedaan
Apa saja isu penting yang kau temukan pada formulir tersebut?
Apakah kau tahu bagaimana cara mengisi formulir tersebut?
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 177, 178, 179
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 3 pembelajaran 4 terdiri dari 14 halaman yaitu halaman 159-172. Dalam pembelajaran 4 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 159
- Ayo Berdiskusi halaman 163
- Ayo Berlatih halaman 168
- Ayo Mengamati halaman 171
- Ayo Renungkan halaman 172
Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 3 pembelajaran 4 halaman 161-172 :
Ayo Membaca
Pada halaman 159 hingga 161, teman-teman diminta menyimak sebuah percakapan.Suatu sore, Udin dan teman-teman berkesempatan bertemu dengan Pak Gino. Beliau yaitu seorang tokoh wirausahawan sukses yang sederhana dan suka membuatkan ilmu. Beliau memulai perjuangan mainan kayu edukatif beberapa tahun yang lalu. Sekarang, produknya sudah dikenal dan dipakai oleh banyak sekali Taman Kanak-kanak dan Taman Bermain.
Udin | : Pak Gino, saya sangat kagum dengan produk buatan Pak Gino. Suatu ketika nanti, saya ingin sanggup menjadi wirausahawan sukses ibarat Bapak. Bagaimana awal mula Pak Gino memulai perjuangan ini? |
Pak Gino | : Bapak saya seorang perajin kayu. Sejak kecil, saya sering membantu bapak. Bapak sering membuatkan saya mainan dari sisa-sisa kayu. Mainan-mainan itu membantu saya untuk lebih gampang memahami pelajaran matematika. Nah, kemudian saya mempunyai keinginan untuk menciptakan banyak sekali mainan kayu. Saya ingin mainan itu juga membantu bawah umur memahami pelajarannya. |
Siti | : Oh, jadi kita sanggup memulai suatu perjuangan dengan bekal keterampilan, hobi, dan kreativitas yang kita miliki ya, pak? Aku gemar mencoba banyak sekali resep masakan. Wah, mungkin suatu ketika nanti saya sanggup membuka perjuangan toko kue, ya. |
Udin | : Kalau saya suka bermain bola, perjuangan apa ya, yang sanggup saya jalani di masa depan? Apakah menciptakan bola? |
Pak Gino | : Mungkin saja. Biasanya, kalau kita mempunyai minat terhadap suatu hal, ilham dan kreativitas akan berkembang dengan sendirinya. |
Edo | : Apakah ketika bapak bermimpi menciptakan perjuangan mainan kayu, bapak yakin akan laris di pasaran? |
Pak Gino | : Oh, saya tidak sekadar bermimpi. Saya juga melaksanakan surveisebelum memulai usaha. Dari sana, saya temukan bahwa banyak anak yang membutuhkan mainan yang mendidik. Ketika saya akan memulai usaha, produk sejenis belum ada di pasaran. Oleh sebab itu, saya memberanikan diri memulainya. |
Edo | : Lho, kalau hobiku membaca, perjuangan apa yang sanggup saya lakukan nanti, ya? Belum tentu saya sanggup menulis buku. Tentu, tidak gampang juga bersaing dengan buku-buku cantik yang ada di toko buku, ya. |
Pak Gino | : Usaha yang kau jalankan nanti tidak selalu berbentuk barang yang dijual. Ada banyak sekali jasa yang sanggup menjadi bidang usaha. Bisa saja kau membuka perpustakaan kecil dan menyewakan buku-buku koleksimu untuk dibaca oleh bawah umur di sekitar permukimanmu. |
Edo | : Betul juga ya, Pak. Tidak terpikir olehku sebelumnya. Perpustakaan kecil niscaya menarik untuk bawah umur di sekitar rumahku. |
Siti | : Berdasarkan pengalaman Pak Gino, apa saja kiat-kiat dalam menjalankan usaha? |
Pak Gino | : Modal utamanya yaitu kerja keras dan pantang menyerah. Usaha yang dirintis tidak selalu mulus dalam perjalanannya. Tekun, kreatif, serta jujur juga dihentikan ditinggalkan. Usaha yang dimulai dengan niat dan perilaku yang baik akan berbuah hasil yang baik pula. |
Udin | : Wah, ternyata banyak ya, yang masih harus kita pelajari untuk menjadi wirausahawan sukses. Tidak cukup sehari kita berguru pada Pak Gino. Boleh ya Pak, lain kali kami bertemu bapak lagi. Siapa tahu, kelak cita-cita kami menjadi wirausahawan kecil sanggup terwujud ibarat bapak. |
Pak Gino | : Tentu saja boleh. Bapak bahagia melihat bawah umur seumur kalian sudah mempunyai cita-cita yang tinggi. Bapak punya keyakinan, dengan bermimpi, kita akan mempunyai motivasi besar lengan berkuasa untuk mewujudkannya. |
Sore itu, Udin, Edo, dan Siti pulang dengan bekal ilmu baru. Semakin besar lengan berkuasa keinginan mereka mengikuti jejak Pak Gino suatu hari nanti.
[Santi]
Kemudian pada halaman 161 dan 162, disajikan pertanyaan yang harus dijawab.
Jawaban (Halaman 161-162)
1. Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan?Kerja keras, pantang menyerah, tekun, jujur, kreatif, dan berani memulai.
2. Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan ketika akan melaksanakan suatu usaha?
Minat, keterampilan, tingkat persaingan usaha, dan mental yang kuat.
3. Apa yang harus dilakukan biar perjuangan kita dikenal oleh masyarakat?
Mempromosikan produk melalui iklan, memperlihatkan produk secara pribadi kepada konsumen, atau membuka daerah perjuangan di sentra keramaian.
4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat? Jelaskan.
Produk dari perjuangan Pak Gino sanggup membantu bawah umur dalam memahami pelajaran.
5. Jika kau yaitu Pak Gino, bagaimana kau melaksanakan tanggung jawabmu sebagai seorang wirausahawan?
Dengan selalu menjaga kualitas pelayanan dan produk yang dihasilkan.
6. Jika di sekitar daerah usahamu, ada pengusaha lain yang membuka perjuangan yang serupa, bagaimana sikapmu?
Berani bersaing dengan sehat yaitu dengan meningkatkan kualitas produk saya dan selalu melaksanakan penemuan untuk mempertahankan pelanggan.
Pada halaman 165, teman-teman diminta mengamati gambar yang disajikan.
Kemudian di bawahnya terdapat sebuah pertanyaan seputar bola.
Jawaban (Halaman 165)
Apakah kau pernah melihat benda-benda lain yang berbentuk bola? Berikan contohnya.Pernah. Contohnya kelereng, balon, gotri (pelor) sepeda, butiran tasbih, batok kelapa, dan buah semangka.
Ayo Berlatih
Pada halaman 168 hingga 170, terdapat soal-soal latihan yang harus teman-teman jawab.Jawaban (Halaman 168-170)
1. Sebuah globe mempunyai diameter 60 cm. Hitunglah volume dari globe tersebut.V = 4/3 x π x r3
V = 4/3 x 3,14 x 303
V = 4/3 x 3,14 x 27.000
V = 113.040 cm3
Jadi, volume dari globe tersebut yaitu 113.040 cm3.
2. Sebuah bola mempunyai jari-jari 15 cm. Hitunglah volume udara yang terdapat dalam bola tersebut.
V = 4/3 x π x r3
V = 4/3 x 3,14 x 153
V = 4/3 x 3,14 x 3.375
V = 14.130 cm3
Jadi, volume udara yang terdapat dalam bola tersebut yaitu 14.130 cm3.
3. Sebuah balon raksasa berbentuk bola mempunyai diameter 2 meter. Hitunglah volume udara yang terdapat dalam balon tersebut.
V = 4/3 x π x r3
V = 4/3 x 3,14 x 13
V = 4/3 x 3,14 x 1
V = 4,19 m3
Jadi, volume udara yang terdapat dalam balon yaitu 4,19 m3
4. Buatlah soal dongeng wacana volume bola. Tukarkan soal dongeng tersebut dengan salah satu temanmu dan minta mereka menjawabnya.
Rika mempunyai sebuah bola bekel. Bola tersebut mempunyai diameter 4 cm. Berapakah volume bola bekel tersebut?
Ayo Mengamati
Pada halaman 171, teman-teman diminta memperhatikan teladan formulir Ujian Sekolah/Madrasah yang ditunjukkan.Kemudian pada halaman 171 hingga 172, teman-teman menjawab beberapa pertanyaan.
Jawaban (Halaman 171-172)
Apa persamaan dan perbedaan formulir tersebut dengan formulir yang telah kau pelajari sebelumnya? Jelaskan.Persamaan
- Keduanya harus diisi dengan data diri.
- Keduanya harus dicantumi tanda tangan.
Perbedaan
- Formulir lembar tanggapan harus diisi dengan pensil 2B, sedangkan formulir biasa diisi dengan pulpen atau yang lainnya.
- Pada formulir lembar tanggapan kita perlu menuliskan karakter dan menyilang karakter yang ditulis, sedangkan formulir biasa hanya perlu menuliskan hurufnya.
- Formulir lembar tanggapan dipakai khusus untuk menuliskan tanggapan ujian, sedangkan formulir biasa dipakai untuk banyak sekali keperluan.
Apa saja isu penting yang kau temukan pada formulir tersebut?
- Data pribadi ibarat nama, nomor akseptor ujian, dan tanggal lahir.
- Data mata pelajaran yang diujikan.
- Tanggal ujian.
- Tanda tangan.
Apakah kau tahu bagaimana cara mengisi formulir tersebut?
Untuk tanggapan pertanyaan ini, sesuaikan dengan pengetahuan teman-teman sendiri.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 177, 178, 179
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 161, 162, 165, 168, 169, 170, 171, 172"
Posting Komentar