Kunci Balasan Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103

gawekami.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran 1 Halaman 99, 100, 102, 103. Jawaban yang kami berikan hanya berupa balasan alternatif saja, rajin lah mencar ilmu dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan balasan sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 4 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1


 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103


Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Globalisasi ialah masa di mana arus gosip begitu cepat menyebar ke aneka macam potongan dunia. Kebudayaan dan gaya hidup dari aneka macam penjuru dunia kemudian dengan gampang sanggup kita ketahui. Kondisi tersebut akan memudahkan generasi Indonesia untuk menggandakan bermacam-macam kebudayaan aneh tersebut.

“Berfikir global dan bertindak lokal” ialah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tidak menjadi korban di masa globalisasi. Sebagai bangsa Indonesia kita harus melestarikan nilai-nilai luhur budaya kita, yang kemudian dipakai untuk sanggup bersaing di tingkat dunia.
Ayo Membaca
ndonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama di Asia Tenggara

Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan training tenaga surya. Peluncuran ini ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future” pada Selasa 24 Juli 2012 di Universitas Indonesia. Seminar dihadiri oleh para pakar energi dari Jerman, wakil dari ASEAN, serta pemerintah selaku penentu kebijakan energi nasional.Seminar membahas perihal potensi, perkembangan, serta penggunaan energi terbarukan tenaga surya di Indonesia dan di Asia Tenggara. Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.

Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang sanggup mengubah eksklusif cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan postif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil menyerupai pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk menciptakan lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, dibutuhkan sanggup ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud faktual kepedulian UI yang dibutuhkan sanggup menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi dikala ini. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti materi bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya ialah energi surya. Di masa globalisasi ini, dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang bermacam-macam sepertinya tidak bias dihindari.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 99


 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103


Paragraf 1 : Topik Masalah

Peluncuran “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara oleh Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

Paragraf 2 : Deret Penjelas

• Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang bisa mengubah cahaya matahari menjadi listrik.
•Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif sanggup menghasilkan listrik bila terkena cahaya.
• Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, menciptakan penggunaan sel surya masih kecil menyerupai pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di tempat yang belum dijangkau jaringan listrik.

• Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Pendirian Akademi Surya oleh UI dibutuhkan sanggup menjawab problem krisis energi akhir kebutuhan energi masa globalisasi yang semakin besar. Sel surya sanggup menjadi energi alternatif pengganti materi bakar fosil alasannya bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 100

Ayo Berdiskusi

Cermati pertanyaan berikut menurut teks tersebut

1. Bagaimana bentuk kolaborasi Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara tersebut di masa globalisasi ini?

Dari bentuk kolaborasi Indonesia dengan negara Asia Tenggara terdapat dua bentuk yaitu kolaborasi regional dan kolaborasi bilateral, untuk ketiganya merupakan kolaborasi yang meliputi seluruh dunia.

2. Bagaimana tugas Indonesia dalam kolaborasi tersebut?

1.Indonesia ikut serta dalam menggagas pembentukan asean.
2.Meganjurkan kerja Sama Penukaran Barang dan jasa
3.Meluncurkan Gagasan Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman, dan tuliskan jawabannya dalam diagram berikut.

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara 
di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103

Ayo Mengamati

Di masa globalisasi ini, semakin banyak teknologi canggih yang ditemukan.Hampir seluruh inovasi tersebut memakai energi, khususnya listrik.

Namun, akhir-akhir ini pasokan listrik semakin berkurang akhir semakin menipisnya sumber energi untuk memproduksi listrik menyerupai minyak bumi, gas, kerikil bara, dan panas bumi.

 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103

Salah satu cara yang sanggup kita lakukan ialah mencari sumber energi alternatif yang bersih, aman, bebas polusi, dan selalu tersedia tanpa batas.

Salah satu bentuk energi alternative tersebut ialah sel surya. Kamu telah membaca sedikit gosip perihal prinsip dasar dari cara kerja sel surya.

Sekarang, amati cara kerja panel listrik tenaga surya berikut.

 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103

Diskusikan bersama teman, perihal proses kerja sel surya.

Tuliskan secara runtut pada kolom berikut.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 102

Proses panel surya

Ketika panel surya terkena cahaya matahari, muatan positif dan negatif pada lempengan silikon panel surya akan bertemu. Hal ini kemudian menghasilkan energi listrik. Listrik dari panel surya akan mengalir menuju electric control system. Di dalam electric control system terdapat komponen berupa controller, baterai, dan inverter.

Awalnya listrik yang menuju electric control system akan masuk ke controller untuk diatur tegangannya. Controller ini juga berfungsi untuk memutus arus listrik ketika baterai sudah penuh. Setelah dari controller, listrik kemudian disimpan pada baterai.

Ketika digunakan, listrik pada baterai akan mengalir dahulu ke inverter untuk dinaikkan tegangannya menjadi 220 v sehingga sanggup dipakai untuk mengoperasikan peralatan elektrik maupun elektronik.

Ayo Mencoba

Pada halaman 102, Adik-adik diminta melaksanakan sebuah percobaan sederhana yaitu menciptakan sumber ebergi listrik dari umbi-umbian. Pada percobaan  ini, Adik-adikdiminta memakai kentang, tetapi umbi-umbian yang lain juga boleh. Di halaman 102 juga telah tersedia alat, bahan,  dan langkah kerja sehingga Adik-adik hanya perlu mengikutinya saja.

 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103


Setelah selesai melaksanakan percobaan, Adik-adik diminta menciptakan laporan dari hasil acara tersebut. Format penulisan laporan ditulis menyerupai kolom yang ditunjukkan pada halaman 103.

 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 103


Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Alternatif Energi Listrik

Nama Percobaan:

Membuat Sumber Energi Listrik Tenaga Kentang

Tujuan Percobaan:


- Untuk mengetahui sumber energi alternatif
- Untuk menunjukan bahwa umbi-umbian sanggup menghasilkan listrik
- Melatih kreativitas

Alat dan bahan:


1. Kentang (bisa diganti lemon atau umbi-umbian yang lain)
2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil)
3. Kabel
4. Penjepit buaya
5. Lempengan tembaga
6. Lempengan seng
7. Untuk pengganti tembaga dan seng, sanggup dipakai isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam

Langkah kerja:


1. Potong kabel sepanjang 15 cm sebanyak 5 buah.
2. Hubungkan setiap kabel dengan penjepit buaya.
3. Tancapkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang.
4. Jepitkan kabel ke lempengan-lempengan tersebut serta ke lampu.
5. Kemudian lampu akan menyala. Jika tidak menyala, tambahkan kentang lagi.

Simpulan:

Kentang mengandung cairan elektrolit yang sanggup menghasilkan energi listrik sehingga lampu sanggup menyala.



Terima kasih sudah membaca artikel ini, biar Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99, 100, 102, 103 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari gawekami.com.
Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Kunci Balasan Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99,100,102,103"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel