Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 71, 73, 75, 76
gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Halaman 71, 73, 75, 76
Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6
Ayo Membaca
Bacalah dengan saksama bacaan perihal Kongres Perempuan berikut ini!
Kongres Perempuan Indonesia
Kongres Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres ini diikuti banyak sekali wakil organisasi perempuan di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nona Suyatin. Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI). Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan impian dan perjuangan memajukan perempuan Indonesia serta mengadakan adonan atau perikatan di antara perkumpulan wanita. Pada tangal 28–31 Desember 1929, PPI mengadakan kongres di Jakarta dan mengubah nama PPI menjadi PPII (Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia).
Tanggal 20–24 Juli 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas dilema perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan.
Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23–28 Juli 1938 dipimpin oleh Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak pilih dan dipilih bagi perempuan di tubuh perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU perihal perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 71
Ayo Menulis
Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Kongres Perempuan Indonesia”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi.
Kata Baku dan Tidak Baku | |
---|---|
Kosakata Baku | Kosakata Tidak Baku |
Kongres | Konggres |
Mengubah | Merubah |
Istri | Isteri |
Perserikatan | Perikatan |
Modern | Moderen |
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan memakai prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!
Kunci Jawaban Tematik Halaman 73
Ayo Bernyanyi
Ayo, tumbuhkan kesadaran dalam diri untuk cinta tanah air dengan menyanyikan lagu berikut!
Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Apa yang kau rasakan ketika menyanyikan lagu “Tanah Air”? Jelaskan
Merasa besar hati alasannya Tanah Air Indonesia begitu berharga dan patut dijaga kelestarian dan keindahannya
Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Tanah Airku”? Jelaskan!
Nada Do = Bes Birama 4/4 Tempo Largetto : lambat namun lebiih cepat daripada largo
Apakah lirik lagu “Tanah Airku” mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air? Jelaskan!
Betapa luas dan indahnya Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dari kecintaan terhadap tanah air memperlihatkan bahwa untuk menjaga kelestarian dan keindahan tanah air diharapkan persatuan dan kesatuan.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan tanggapan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, kemudian diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.
1. Nilai yang terkandung pada lagu “Tanah Airku” adalah:
Nilai yang terkandung pada lagu Tanah Airku yaitu Cinta Tanah air dan Bangsa Indonesia
2. Bagaimana caramu menyayangi tanah air?
- Merasa besar hati terhadap tanah air Indonesia. rasa besar hati itu tentu saja tidak akan muncul tanpa adanya rasa memiliki.
- Tidak akan melaksanakan perbuatan dan tindakan yang rnerugikan tanah air;
- Setia dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Belajar dengan ulet dan sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita.
Kunci Jawaban Tematik halaman 75, 76
Ayo Berlatih
Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut. Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.
No. | Pernyataan | Sikapku | ||
---|---|---|---|---|
Setuju | Tidak Setuju | Alasan | ||
1. | Mempelajari kesenian dari tempat lain. | √ | - | Mengetahui kesenian tempat lain yang merupakan belahan dari kebudayaan nasional |
2. | Mengagung-agungkan suku bangsanya sendiri. | - | √ | Sikap mengagungkan suku bangsa sendiri akan mengakibatkan permusuhan |
3. | Memilih ketua kelas menurut kesamaan tempat asal. | - | √ | Memilih ketua kelas menurut kesamaan tempat menandakan perilaku kurang menghargai perbedaan |
4. | Memilih-milih sahabat menurut kesamaan tempat asal. | - | √ | Memilih sahabat hanya sedaerah kurang menghargai perbedaan |
5. | Tidak mengikuti upacara bendera. | - | √ | Tidak menandakan perilaku cinta tanah air |
6. | Mengibarkan bendera Merah Putih setiap hari besar kenegaraan. | √ | - | Mengibarkan bendera setiap hari besar menandakan perilaku cinta tanah air dan bangsa Indonesia |
7. | Mempelajari bahasa asing. | - | √ | Mempelajari bahasa absurd memperluas wawasan |
8. | Berdiam diri di rumah ketika ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya. | - | √ | Tidak mengikuti kerja bakti menandakan perilaku kurang menghargai persatuan |
9. | Lebih menentukan memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda malam. | - | √ | Memilih memperlihatkan upah kepada orang lain menandakan perilaku kurang menghargai kebersamaan di lingkungan sekitar. |
Ayo Berdiskusi
Buatlah satu kelompok belajar. Catatlah keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana cara kelompokmu memperlihatkan perilaku mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.
Hasil diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara bersama dalam satu kelas. Buatlah menyerupai tabel berikut!
No. | Keragaman Suku Bangsa dan Budaya | Sikap yang Ditunjukkan |
---|---|---|
1. | Ada anak yang bersuku lain | Berteman dengan baik dan tidak saling mengejek suku masing-masing |
2. | Ada pertunjukan kesenain tempat lain | Ikut mempelajari dan menyaksikan pertunjukan |
3. | Ada sahabat sedang melaksanakan upacara adat | Ikut menghadiri dan memperlihatkan perhatian upacara sopan santun teman |
4. | Ada pemilihan ketua kelas | Memilih ketua kelas menurut kemampuan bukan menurut asal daerah. |
5. | Ada sahabat sedang sakit | Berkunjung dan memperlihatkan semangat walaupun ia berasal dari suku lain |
Terimakasih sudah membaca artikel ini, supaya Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 71, 73, 75, 76 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam
Sumber https://www.gawekami.com/
Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Balasan Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 71, 73, 75, 76"
Posting Komentar