Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 95, 96, 97
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 95, 96, 97 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 93-98. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 95, 96, 97. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 95-97 :
“Gotong royong yaitu pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, usaha sebetulnya sesama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah penggalan pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 untuk menimbulkan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah acara bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga sanggup dilihat sebagai mereka yang mempunyai hubungan darah dengan kita. Namun, sikap kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki, turut mencicipi penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan referensi dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia semenjak dulu kala.
Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi pecahan dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua sikap konkret ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara.
Sumber :
Subekti, Ari (2017). Tema 5 Ekosistem Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Berdasarkan teks di atas, teman-teman diminta mengerjakan tugas-tugas yang disajikan pada halaman 95.
• Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa referensi semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumahmu.
. Melakukan Wawancara
• Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui sikap gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.
• Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.
3. Mendiskusikan Hasil Wawancara
• Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.
a. Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?
b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?
4. Mempresentasikan Hasil Wawancara
• Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian. Pastikan untuk mendengarkan hasil diskusi kelompok yang lain dengan saksama.
2. Adakah acara gotong royong yang sering kau lakukan? Jelaskanlah.
3. Bagaimana dengan acara gotong royong di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?
4. Menurutmu, bagaimana cara untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan di sekolahmu?
5. Apakah acara piket kelas merupakan referensi penerapan semangat gotong royong? Jelaskan alasanmu.
lingkungan rumahmu.Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 95, 96, 97. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 93-98. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 94
- Ayo Menulis halaman 96
- Ayo Mencoba halaman 96
- Ayo Berlatih halaman 97
- Ayo Renungkan halaman 97
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 95, 96, 97. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 95-97 :
Ayo Membaca
Pada halaman 94, disajikan sebuah teks ihwal semangat kekeluargaan dan gotong royong yang dibaca untuk mengetahui pentingnya kedua hal tersebut. Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
“Gotong royong yaitu pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, usaha sebetulnya sesama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah penggalan pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 untuk menimbulkan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah acara bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga sanggup dilihat sebagai mereka yang mempunyai hubungan darah dengan kita. Namun, sikap kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki, turut mencicipi penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan referensi dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia semenjak dulu kala.
Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi pecahan dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua sikap konkret ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara.
Sumber :
Subekti, Ari (2017). Tema 5 Ekosistem Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Berdasarkan teks di atas, teman-teman diminta mengerjakan tugas-tugas yang disajikan pada halaman 95.
Jawaban (Halaman 95)
1. Melengkapi Tabel• Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa referensi semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumahmu.
. Melakukan Wawancara
• Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui sikap gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.
• Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.
Disesuaikan hasil wawancara yang teman-teman lakukan.
3. Mendiskusikan Hasil Wawancara
• Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.
a. Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan kunci terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI sehingga keutuhan bangsa terjaga.
b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa seorang individu tidak bisa hidup sendiri. Suatu dikala seorang individu niscaya membutuhkan orang lain. Dan manfaat dari semangat kekeluargaan dan gotong royong yaitu tujuan sanggup dicapai lebih gampang dan cepat alasannya dilakukan bersama-sama.
4. Mempresentasikan Hasil Wawancara
• Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian. Pastikan untuk mendengarkan hasil diskusi kelompok yang lain dengan saksama.
Ayo Berlatih
Pada halaman 97, teman-teman diminta menjawab soal-soal latihan yang disajikan.Jawaban (Halaman 97)
1. Menurut pendapatmu, apakah yang dimaksud dengan gotong royong?Gotong royong yaitu upaya untuk mencapai suatu tujuan yang dilakukan bersama-sama.
2. Adakah acara gotong royong yang sering kau lakukan? Jelaskanlah.
- Ikut serta dalam menuntaskan kiprah kelompok.
- Melaksanakan kiprah piket bersama kelompok piket kelas saya.
3. Bagaimana dengan acara gotong royong di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?
- Sekolah : Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, gotong royong mengerjakan kiprah kelompok, dan gotong royong untuk menyelenggarakan program sekolah.
- Rumah : Kerja bakti membersihkan lingkungan, gotong royong membantu warga yang mengadakan hajatan, dan gotong royong mengurusi pemakaman warga yang meninggal dunia.
4. Menurutmu, bagaimana cara untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan di sekolahmu?
Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa sesama warga sekolah saling membutuhkan, bahwa hubungan keluarga tidak harus ada ikatan darah, dan bahwa semangat gotong royong dan kekeluargaan menjadi salah modal untuk memajukan sekolah.
5. Apakah acara piket kelas merupakan referensi penerapan semangat gotong royong? Jelaskan alasanmu.
Ya, alasannya piket kelas dikerjakan secara tolong-menolong oleh anggota kelompok yang telah dibentuk. Dan piket kelas menjadi tujuan semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
lingkungan rumahmu.Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 95, 96, 97. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 95, 96, 97"
Posting Komentar