Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 56, 57, 58, 59
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 56, 57, 58, 59 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Pada subtema 2 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 54-59. Dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 56, 57, 58, 59. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 56-59 :
Pada halaman 49 hingga 50, disajikan sebuah teks perihal perubahan ekosistem.
Rantai kuliner ialah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Perhatikan gambar berikut.
Padi dimakan oleh tikus, lalu tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat diharapkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen ialah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I ialah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II ialah ikan-ikan kecil, konsumen III ialah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV ialah ikan-ikan besar.
Urutan bencana memakan dan dimakan di atas sanggup berjalan seimbang dan lancar kalau seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai kuliner sanggup terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai ialah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam badan binatang dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai sanggup membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai ialah basil dan jamur.
Sumber: BSE kelas 4 Budi Wahyono. 2010
Pasa halaman 56, teman-teman diminta memilih pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf dari bacaan di atas.
Pada halaman 57, teman-teman diminta mengubah pokok pikiran yang telah dibentuk sebelumnya menjadi kalimat utama.
Keterangan diagram rantai kuliner pada ekosistem padang rumput.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 56, 57, 58, 59. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 2 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 54-59. Dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 55
- Ayo Berlatih halaman 58
- Ayo Renungkan halaman 59
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 56, 57, 58, 59. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 56-59 :
Pada halaman 49 hingga 50, disajikan sebuah teks perihal perubahan ekosistem.
Rantai Makanan
Rantai kuliner ialah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Perhatikan gambar berikut.
Padi dimakan oleh tikus, lalu tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat diharapkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.
Di lautan, yang menjadi produsen ialah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I ialah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II ialah ikan-ikan kecil, konsumen III ialah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV ialah ikan-ikan besar.
Urutan bencana memakan dan dimakan di atas sanggup berjalan seimbang dan lancar kalau seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai kuliner sanggup terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.
Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai ialah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam badan binatang dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai sanggup membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai ialah basil dan jamur.
Sumber: BSE kelas 4 Budi Wahyono. 2010
Pasa halaman 56, teman-teman diminta memilih pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf dari bacaan di atas.
Jawaban (Halaman 56)
Paragraf 1 : Rantai kuliner di sawah
Paragraf 2 : Rantai kuliner di laut
Paragraf 3 : Syarat keseimbangan rantai makanan
Paragraf 4 : Peran besar pengurai
Pada halaman 57, teman-teman diminta mengubah pokok pikiran yang telah dibentuk sebelumnya menjadi kalimat utama.
Jawaban (Halaman 57)
Paragraf 1 :
Terdapat 5 komponen yang berperan dalam rantai kuliner di sawah yaitu padi, tikus, ular, elang dan pengurai.
Paragraf 2 :
Terdapat 5 komponen yang berperan dalam rantai kuliner di bahari yaitu fitoplankton, zooplankton, ikan kecil, ikan sedang, dan ikan besar.
Paragraf 3 :
Syarat keseimbangan rantai kuliner yaitu adanya seluruh komponen dalam suatu ekosistem.
Paragraf 4 :
Pengurai mempunyai tugas besar dalam rantai makanan.
Ayo Berlatih
Pada halaman 58 hingga 59, teman-teman diminta menggambar suatu rantai makanan. Teman-teman juga diminta melengkapi gambar tersebut dengan keterangan.Jawaban (Halaman 58-59)
Rantai kuliner pada ekosistem padang rumput.Keterangan diagram rantai kuliner pada ekosistem padang rumput.
- Rumput atau tumbuh-tumbuhan lainnya merupakan produsen alasannya ialah sanggup menghasilkan kuliner sendiri. Setiap produsen akan dimakan oleh konsumen tingkat I.
- Zebra menjadi konsumen tingkat I alasannya ialah zebra merupakan binatang herbivor yang mendapat energi dengan memakan tumbuh-tumbuhan. Sebagai konsumen tingkat I, zebra akan dimakan oleh konsumen tingkat II.
- Singa menjadi konsumen tingkat II alasannya ialah singa merupakan binatang karnivor yang memakan binatang lain untuk bertahan hidup. Sebagai konsumen tingkat II, singa akan mati. Bangkai singa akan diurai oleh mikroorganisme menyerupai jamur.
- Jamur menjadi pengurai alasannya ialah jamur berperan dalam mengurai konsumen tingkat III untuk berkembang biak. Hasil penguraian yang terdiri dari zat-zat tertentu akan masuk ke dalam tanah dan akan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber makanan.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 56, 57, 58, 59. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Belum ada Komentar untuk "Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 56, 57, 58, 59"
Posting Komentar