Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan, Halaman 147, 149, 150, 151

Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 2



 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151

Suatu pagi, Lani bergegas memasuki ruang kelas dengan membawa sebuah kotak. Ia segera menemui Dayu, yang dikala itu sudah ada di kelas.

“Dayu! Coba lihat, saya bawa apa?” tanya Lani sambil mengatakan sebuah kotak.

“Ah, kau alhasil mendapat botol minum tahan panas yang selama ini kau idamkan, Lani! Bolehkah saya melihatnya?” timpal Dayu ikut senang.

“Tentu saja, Dayu. Saya bahagia sekali, alhasil saya sanggup menyimpan teh panas atau air cuek dari rumah semoga saya masih sanggup menikmatinya di sekolah. Nanti kita membuatkan ya Dayu!” jawab Lani.

“Sebenarnya saya lebih ingin tau dengan cara kerja benda itu, Dayu. Bahan apa saja yang dipakai benda itu untuk menjaga panas dari air teh panas tidak keluar sehingga tetap hangat. Dan kau pun tetap sanggup memegangnya tanpa kepanasan.” Jawab Dayu.

“Di dalam kotak ini ada brosur yang menggambarkan bagian-bagian benda ini. Nanti kita lihat ya! Tetapi saya bawa sebuah artikel yang kurasa juga menarik untuk kita ketahui. Sejarah termos! Benda ini pun sebetulnya hampir sama dengan termos yang biasa kita pakai untuk menyimpan air panas. Maukah kau membaca bersama saya?” tanya Lani.

“Tentu saja!” jawab Dayu bersemangat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 147

Ayo Membaca


Sejarah Termos

Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos memang sering dipakai untuk menyimpan air panas semoga tetap panas dikala digunakan. Biasanya keluarga yang mempunyai bayi yang memerlukan susu setiap saat, memakai termos untuk menyimpan air panas. Termos yakni sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung menyerupai botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk menyerupai beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan cairan semoga tetap mempunyai suhu menyerupai semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang menyerupai kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, sanggup ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari materi mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa dikala tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya dipakai untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air cuek semoga tetap dingin.

Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 yakni James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga semoga minuman bayinya tetap hangat. Tetapi dikala itu, untuk menjaga suhu minuman semoga tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang cuek menyerupai di Eropa.

Karena kebutuhan inilah, James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah semoga panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah dalam botol tersebut, dilapisi perak untuk mempertahankan panas. Botol hampa udara itulah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraph dengan memakai kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Paragraf
Paragraf
Satu
  1. Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya.
  2. Termos yakni sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung menyerupai botol yang mempunyai dinding berlapis. 
  3. Dengan dinding dalam termos yang dirancang menyerupai kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat.
Dua
  1. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 yakni James Dewar. 
  2. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga semoga minuman bayinya tetap hangat.
Tiga
  1. James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara. yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. 
  2. Botol hampa udara buatan James Dewar  kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi warta penting dari paragraf di atas menjadi sebuah goresan pena satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Jawab:
Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos yakni sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 yakni James Dewar. James Dewar menemukan cara menciptakan botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar  kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Jelaskanlah hasil pekerjaanmu kepada anggota kelompok yang telah dibentuk. Apakah kau menemukan sesuatu yang menarik sesudah kau mendengarkan klarifikasi dari teman-temanmu yang lain? Apakah kau mempunyai pemahaman yang sama wacana isi bacaan tersebut?

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan memakai kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apakah fungsi sebuah termos? Termos dipakai untuk menyimpan air panas semoga tetap panas dikala digunakan.

2. Apa saja materi yang dipakai untuk menciptakan termos pada masa itu? Bahan yang dipakai pada masa itu yakni botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.

Ayo Membaca

Selain termos, tentu kau pernah melihat benda-benda di sekitarmu yang memakai materi isolator dan konduktor dengan aneka macam kegunaannya. Bacalah bacaan berikut yang disadur dari sebuah buku pelajaran elektronik ini dengan saksama.

Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator

Kamu sudah tahu, bahwa panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?

Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap udara. Udara yakni isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.

Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari materi logam, contohnya aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke kuliner yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kau tidak akan kepanasan ketika memegangnya.

Mesin kendaraan beroda empat dan motor terbuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibuat dari materi konduktor sebagai penghantar panas. Dari uraian di atas, kau sudah tahu mana materi yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kau dengan gampang menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 149, 150

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kau pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kau baca. Tuliskan pada daerah yang telah disediakan.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kau tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan sahabat sebangkumu! Buatlah diagrammu pada daerah yang disediakan di bawah ini.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151

Kunci Jawaban Tematik Halaman 151

Ayo Mengamati

Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!

Nama Benda/Alat di
Sekolah
Sifat Hantaran
Kegunaan
Bel Listrik
Konduktor
Penanada waktu masuk atau istirahat
Sarung tangan
Isolator
Menjaga tangan tetap hangat
Thermos Es
Isolator
Menjaga es tidak mencair
Jaket
Isolator
Menjaga tubuh tetap hangat
Solder
Konduktor
Menyambung/memasang komponen elektronik

Nama Benda/Alat di
Rumah
Sifat Hantaran
Kegunaan
Setrika
Konduktor
Merapikan baju
Panci
Konduktor
Memasak dan merebus air
Thermos
Isolator
Menjaga air tetap panas
Spatula
Isolator
Mengambil kuliner dari wajan
Selimut
Isolator
Menjaga tubuh tetap hangat

Presentasikan hasil pengamatanmu di dalam kelompok. Lalu, amatilah hasil pengamatan teman-teman pada kelompok. Catatlah hal menarik yang disampaikan teman-temanmu untuk memperkaya pengetahuanmu.

Buatlah kesimpulan terhadap acara di atas.

Kesimpulan :
Panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas sanggup dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.






Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam



Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Halaman 147, 149, 150, 151"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel