Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 105, 106, 107, 109, 111
Gawekami.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 3 Ayo, Memimpin Pembelajaran 1 Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa tanggapan alternatif saja, rajin lah berguru dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan tanggapan sendiri.
Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.
Tema 7 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Apabila kau ingin menjadi seorang pemimpin, kau harus tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat supaya kau tahu kemampuan apa yang harus kau kembangkan. Kamu bisa berguru perihal kebutuhan dasar seorang pemimpin dari kisah di bawah ini. Bacalah dalam hati teks berikut ini.
Semut dan Belalang
Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir kuliner di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir sanggup dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.
“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali semenjak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari menciptakan kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut.
“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan kuliner untuk isu terkini cuek nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh sebab itu, kami harus mondar-mandir”ujar Komandan Semut menjawab Belalang.
“Haaah? Mengumpulkan kuliner untuk isu terkini dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan kuliner yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.
“Hai Belalang! Harusnya kau melaksanakan hal yang sama. Serangga menyerupai kita harus berkemas-kemas menghadapi isu terkini dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber kuliner lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin cuek juga akan menciptakan kita yang bertubuh kecil sulit keluar
sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.
“Benar Belalang! Harusnya kau mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru sebab isu terkini panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang.
“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalau ingin merepotkan diri!” tukasnya.
Begitulah adanya. Sepanjang isu terkini panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga datang saatnya isu terkini dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu.
Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang?
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 105
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?
Kelompok Semut tersebut sedang bekerja mengumpulkan materi kuliner untuk bekal persediaan. Para semut melaksanakan hal tersebut sebab pada isu terkini cuek sulit untuk mencari makanan, jadi mereka mencari kuliner ketika kuliner berlimpah.
2. Bagaimana menurutmu perilaku Belalang?
Sikap Belalang itu pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut. Sifat belalang tidak patut ditiru, sebab akan merugikan diri sendiri dan yang lain.
3. Bagaimana cara semut bekerja?
Semut bekerja secara bersama-sama/kerjasama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir kuliner untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari kawasan kuliner menuju sarang . Selalu ada persatuan dalam pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih gampang dan cepat dilaksanakan.
4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kau teladani dari kisah di atas?
Nilai Kerja keras pantang menyerah, Nilai persatuan dan kesatuan, Nilai kebersamaan/gotong royong dan kepemimpinan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 106
Apa yang bisa kau pelajari dari kisah tersebut?
- Pekerjaan akan lebih gampang dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong/kerjasama
- Dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih gampang tercapai
- Dengan kepemimpinan yang baik, maka suatu perkumpulan/organisasi dalam melaksanakan aktivitasnya akan lebih baik dan mudah, serta lebih gampang dalam mencapai tujuan bersama
- Bekerja keras pantang mengalah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan
- Dengan saling menasihati satu dengan yang lain, maka keberhasilan suatu tujuan akan lebih gampang tercapai dan akan timbul rasa kekeluargaan dan kebersamaan
- Malas dan sombong hanya akan merugikan diri sendiri
Apakah kau tahu kelebihan dan kekuranganmu? Ayo, isi diagram berikut!
Kelebihanku : (silakan dipilih)
- Mudah bergaul
- Humoris
- Pantang menyerah
- Rasa ingin tahu yang tinggi
- Toleran
Kekuranganku : (silakan dipilih)
- Pelupa
- Menunda pekerjaan
- Ceroboh
- Penakut
- Malas
Apa yang akan saya lakukan dengan kelebihan dan kekuranganku?
Saya akan memakai prinsip SWOT, (Strengths/Kekuatan, Weaknesses/Kekurangan, Opportunities/Peluang, dan Threats/Ancaman dalam menggapai keinginan atau apa yang menjadi harapan saya. Dengan Kekuatan/kelebihan saya akan bisa mengambil laba dari peluang/Opportunities yang ada, serta bagaimana cara mengatasi Kelemahan atau kekurangan/Weaknesses yang saya punya, yang mana kekuatan/kelebihan saya tersebut bisa mengatasi/menghadapi segala tantangan/ancaman (Threats).
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 107
Ayo Berdiskusi
Menyadari kekurangannya, Semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa mustahil sanggup mengumpulkan kuliner tanpa bekerja sama.Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu. Bandingkan alhasil dengan sobat sebelahmu.
Kegiatan di Sekolah yang membutuhkan gotong royong :
- Gotong royong dalam piket kelas
- Gotong royong dalam persiapan upacara bendera
- Gotong royong dalam mengerjakan kiprah kelompok
- Gotong royong dalam mengumpulkan dana untuk korban bencana
- Gotong royong dalam melaksanakan 5 K (Kebersihan, keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan) di sekolah.
Alasan :
- Kebersihan kelas merupakan kiprah bersama, kalau dikerjakan bersama akan lebih gampang dan cepat selesai
- Upacara bendera merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok, kalau tidak ada semangat gotong royong, maka kegiatan upacara bendera bisa gagal terlaksana
- Jika kerja kelompok dikerjakan gotong royong maka hasil yang dicapai lebih bagus, lebih gampang dan lebih bervariasi alternatif-alternatif tanggapan yang bisa diperoleh
- Dengan mengumpulkan secara bersama-sama, maka pekerjaan lebih efektif, hasil yang diperoleh lebih banyak daripada dilakukan sendiri. Juga sanggup mengakibatkan semangat kebersamaan
- Pekerjaan cepat selesai, lebih tepat alhasil dan bisa memacu semangat kebersamaan diantara siswa-siswa.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 109
Baca sekali lagi isi pidato Pak badru. Tuliskan pesan-pesan yang kau temukan!
- Koperasi didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama para anggota
- Anggota koperasi memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam menikmati laba koperasi
- Kebersamaan dan Kekeluargaan merupakan modal paling penting dalam koperasi
- Kewajiban setiap anggota untuk menjalankan koperasi demi kesuksesan koperasi, dan bukan tergantung pada ketua atau pengurus koperasi
- Koperasi dipakai untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, sehingga setiap anggota koperasi akan berkembang rasa kepeduliannya
- Keputusan dalam koperasi merupakan hasil musyawarah seluruh anggotanya.
Ayo Mencoba
Pidato Pak Badru di dalam teks sungguh menggugah. Bisakah kau menciptakan teks pidato menyerupai itu?Kamu bisa merancang teks terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai teks pidato. Dengan topik ‘Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama’, buatlah rancangan teks pidato untuk disampaikan di depan teman kelasmu. Rancangan berisi perihal pentingnya bemusyawarah.
Buatlah rancangan teks pidatomu dalam kotak berikut.
Rancangan Teks Pidato
Topik :
"Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam pembuka
Berisi Kalimat Sapaan
Pendahuluan
Memaparkan perihal musyawarah mufakat
Inti
Berisi perihal bahasan topik Bermusyawarah secara lengkap, manfaat yang diperoleh, tujuan dan dampak dari musyawarah
Penutup
Penyampaian rangkuman/intisari dari Musyawarah untuk kepentingan bersama
Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup
Baca Juga : Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Halaman 113, 115, 117
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 105, 106, 107, 109, 111 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com
Sumber https://www.gawekami.com/
Belum ada Komentar untuk "Kunci Tanggapan Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 105, 106, 107, 109, 111"
Posting Komentar