Kunci Balasan Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81.

Gawekami.comMateri dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 3 Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81 Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah berguru dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri. 

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3


Ayo Membaca

Wilayah Indonesia sangat luas, dari Sabang sampai Merauke. Bangsa Indonesia yaitu bangsa yang beragam alasannya yaitu terdiri dari berbagai  macam suku, bahasa, agama, adat-istiadat, serta kebiasaan yang  berbeda-beda. Bagaimana kita mempertahankan persatuan dan  kesatuan? Banyak caranya.

Ayo, kita berguru dari dongeng berikut!

Kepala  Sekolahku, Pemimpin Idolaku

Termenung Pak Welly memandang brosur di hadapannya. Lomba Pidato Anak bertema “Bersatu untuk Maju’ begitu tertulis pada  judul brosur. Beliau berpikir keras.  lngin sekali ia mengirim Sudin untuk ikut  Iomba yang  akan  diselenggarakan di kota. Tetapi, dari mana dananya?

Pak Welly, Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Setelah lulus pendidikan guru ia pergi merantau ke tanah Jawa  untuk mempraktikkan ilmunya. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari aneka macam daerah.

Pak Welly bahagia melihat interaksi antara murid-muridnya. Mereka berguru dan bermain bersama, tanpa mempersoalkan asal-usul. Semua unik, baik abjad maupun kecerdasannya.

Salah satu murid Pak Welly berjulukan Sudin. Sudin yaitu penduduk orisinil di desa itu. Ia suka membaca, percaya diri, dan komunikatif. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui Iomba pidato.

Sambil berpikir cara memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai penerima Iomba. la sendiri yang turun tangan melatih Sudin tiap usai sekolah. Semakin mendekati hari perIombaan, Pak Welly risau. “Andai saja gajiku cukup untuk mendanai Sudin ke kota”, pikirnya.

Hingga suatu sore, terlintas wangsit di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua tanaman pisang sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya Pak Welly membicarakan idenya dengan para guru. Mereka bermusyawarah mewujudkan wangsit Pak Welly. Setelah dicapai   kesepakatan, Pak Welly mengerahkan guru, penjaga sekolah, serta murid kelas  5 dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian, di hari Senin pagi, Pak Welly mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala  Dinas Pendidikan, serta Ketua RW dan  Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 5 dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Pembelinya yaitu para bapak dan ibu pejabat tempat yang hari itu diundang tiba ke sekolah.

Sebelum lelang dimulai, Pak Welly memberikan bahwa uang yang diperoleh dari hasil lelang pada hari itu akan dipakai untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat yang hadir merasa kagum dan terharu menyaksikan perjuangan Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad dan usahanya mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang-pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin. Semua orang bersatu padu membantu Pak Welly mewujudkan harapannya.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota.  Tak terkira gembira dan Syukurnya Sudin. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, dia berusaha tampil sebaik-baiknya. Saat pengumuman hasil lomba, ternyata Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama Iomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia perjuangan Pak Welly dan teman-teman sekolah Sudin.

Terbukti benar tekad Pak Welly. Kita tak perlu ragu untuk maju. Selalu  ada  jalan ketika kita menggalang persatuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 75, 76

Ayo Berdsikusi

Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Mengapa kepala sekolah pada dongeng di atas menjadi pemimpin idola

Karena memiliki sifat rela berkorban, pantang menyerah, peduli dengan murid, cerdas dalam menghadapi problem dan dalam mengambil tindakan, bisa meningkatkan persatuan di kalangan murid dan guru.

2. Apakah kepala sekolah pada dongeng sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan

Sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan. Ini ditunjukkan dengan tidak membeda-bedakan asal usul murid, sehingga antar murid timbul kebersamaan dan rasa persatuan.

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!

Sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan. Ini dibuktikan dengan kemampuan pak Welly mengetahui abjad masing-masing siswa. Kemampuan mengetahui abjad siswa ini hanya bisa diperoleh bila berbaur/menyatu dengan murid-murid. Selain itu bisa menggalang semua unsur pendidikan/sekolah baik murid, guru, kepala dinas sampai Camat dan Bupati untuk tolong-menolong memecahkan masalah.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?

Karena kepala sekolah tahu kemampuan dan abjad Sudin yang suka membaca, percaya diri, serta komunikatif. Selain itu Kepala Sekolah ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga dengan diikutkan dalam lomba pidato di kota.

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?

Sikap merakyat/turun ke bawah, kreatif penuh ide, peduli dengan siswa, rela berkorban, bisa menjaga persatuan dengan tidak membeda-bedakan siswa dan pantang menyerah.

6. Apakah yang menjadikan Sudin balasannya sanggup pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!

Sudin mendapatkan dana yang cukup untuk mengikuti lomba di kota. Dana itu diperoleh melalui pelelangan pisang yang ada di belakang, dan pembelinya yaitu para bapak dan ibu pejabat tempat yang diundang.

7. Bagaimana menurutmu relasi antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat tempat lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan ibarat itu?

Hubungan yang sangat baik dan akrab. Hal ini sanggup dibutktikan para pejabat tinggi tersebut mau menghadiri undangan kepala sekolah, walaupun para pejabat tersebut merupakan orang-orang sibuk.

Berdasarkan jawabanmu buatlah goresan pena mengenai pak Welly

Pak Welly yaitu seorang perantau dari Indonesia timur yang mengabdi di pelosok Jawa Tengah. Beliau yaitu orang yang bisa menjaga kebersamaan dan persatuan di lingkungan sekolah dengan membuat suasana tidak ada perbedaan diantara murid-muridnya. Pak Welly yaitu kepala sekolah yang peduli dengan muridnya. Beliau bertekad memberangkatkan Sudin, salah satu muridnya untuk mengikuti lomba di kota. Pak Welly yaitu kepala sekolah yang kreatif. Beliau bisa memecahkan problem pendanaan untuk Sudin yang akan mengikuti lomba di kota dengan cara membuat program lelang pisang. Sebelum itu Pak Welly mengajak musyawarah para guru mengenai rencananya tersebut. Pak Welly juga orang yang supel/pandai bersosialisasi, orang yang bisa bergaul dengan siapa saja, ini terbukti dengan datangnya para pejabat memenuhi undangan beliau. Lelang berjalan sukses dengan dibelinya pisang-pisang tersebut oleh para pejabat. Sehingga tercukupi dana untuk Sudin mengikuti lomba di kota.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 77


Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yangtelah mengamalkan persatuan dan  kesatuan di lingkungan sekitar sekolah. Tulislah perilakumu  yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan  telah kau praktikkan di lingkungan rumahmu.

  • Akur dengan kakak dan adik
  • Bermusyawarah dengan ayah/ibu/saudara
  • Saling membantu/menolong dengan saudara dan teman
  • Tidak membeda-bedakan dalam bergaul dengan sobat di sekitar rumah


Berikut yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila, yaitu “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”.
  1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
  2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
  3. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
  5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab mendapatkan dan melakukan hasil keputusan musyawarah.
  6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan langsung dan golongan.
  7. Keputusan yang diambil harus sanggup dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 78

Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupanmu sehari-hari.

  • Tidak memaksakan kehendak kepada teman
  • Mengutamakan musyawarah dengan sobat ketika ada masalah
  • Ketika bermusyawarah dengan teman, selalu diliputi semangat kekeluargaan
  • Melaksanakan setiap keputusan bersama sobat dengan penuh tanggungjawab

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 79, 80

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah buku-buku acuan di perpustakaan sekolahmu, kemudian carilah isu mengenai kiprah Indonesia di ASEAN dalam aneka macam bidang berikut.

1. Pendidikan
2. Pangan
3. Sosial
4. Kesehatan
5. Pariwisata

Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu sanggup membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 81

Ayo Menulis


Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.

1. Salam Pembuka

Kalimat sapaan (Assalamualaikum Wr. Wb/  Salam sejahtera/ Selamat pagi/ selamat siang/ selamat malam, dan lain sebagainya kepada kepala sekolah, dewan guru dan rekan siswa)

2. Pendahuluan

Menjelaskan topik yang akan dibahas. (Memaparkan data wacana tingkat gemar membaca di Indonesia dibandingkan negara lain)

3. Inti

Berisi bahasan topik secara lengkap. (Tentang manfaat membaca, himbauan dan seruan membaca)

4. Penutup

Berisi ringkasan dari pembahasan topik. (Rangkuman atau ringkasan dari pidato gemar membaca)

5. Salam penutup

Berisi ucapan terima kasih dan salam



Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 86, 87, 89

Terima kasih sudah membaca artikel ini, supaya Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com.


Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Kunci Balasan Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel