Kunci Balasan Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141

Gawekami.comMateri dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 3 Ayo Belajar Berwirausaha Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141. Jawaban yang kami berikan hanya berupa tanggapan alternatif saja, rajin lah mencar ilmu dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan tanggapan sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 5 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 2

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa tanggapan alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141


Ayo Membaca


Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang

Man, seorang anak pria Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia gres saja menuntaskan ujian tamat tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa sahabat seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. Sejak dini, bawah umur Suku Sasak terbiasa menyaksikan kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan bermacam-macam kreasi untuk dijadikan gelang.

Desa Sade terletak di Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang perjuangan untuk mengisi waktu luang mereka. Menjelang sore hari, mereka menunjukkan banyak sekali aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka menciptakan banyak sekali ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manikmanik kayu untuk mempercantik gelang. Menyadari bahwa harga gelang yang dijual tidak sanggup terlalu tinggi, mereka mengganti benang hasil pintalan kapas dengan benang jahit yang mereka beli di pasar. Seuntai gelang mereka jual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00. “Dalam sehari, biasanya saya sanggup menjual lima hingga enam gelang. Rata-rata dalam sehari kami sanggup membawa pulang uang Rp30.000,00,” ujar Man. Ketika ditanyakan untuk apa uang hasil jualan tersebut,  “Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah,” jawabnya sambil tersenyum lebar.

Walau tidak pernah diminta oleh kedua orang tuanya untuk membantu keuangan keluarga, Man selalu mengatakan uang hasil jualannya kepada ibunya. Ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang keperluan sekolah,  ibunya akan memperbolehkan Man memakai uang tersebut. 

Man tidak kehilangan waktu bermainnya sebab berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan temantemannya. Menjelang matahari terbenam, Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan kiprah sekolah dan beristirahat. Ketika kiprah sekolah sudah selesai, Man menciptakan beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari.

Man gembira ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan. Sederhana, namun unik dan kreatif, begitu komentar para wisatawan terhadap gelang benang buatan Man dan teman-temannya. Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.

[Santi-ditulis menurut wawancara pada bulan Juli 2014]


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 132, 133


Jawab pertanyaan berikut  menurut bacaan.

1. Apa jenis perjuangan yang dilakukan  Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?

Manmengisi waktu luang dengan berjualan gelang benang beraneka warna buatan sendiri.

2. Mengapa diharapkan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha
tersebut? Jelaskan secara singkat!

Karena tidak gampang memanfaatkan barang sisa jikalau tidak mempunyai kreativitas. Ketekunan juga diharapkan semoga perjuangan tersebut sanggup terus berjalan dan berkembang.

3. Apa manfaat perjuangan bawah umur tersebut bagi kehidupan mereka?

Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah

4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan ketika melaksanakan perjuangan tersebut?

Faktor ketersediaan materi baku dan peluang pemasaran sebab di kawasan Man kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan bermacam-macam kreasi untuk dijadikan gelang. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang perjuangan untuk mengisi waktu luang mereka.

5. Sikap apa yang sanggup kau pelajari dari perjuangan bawah umur tersebut?

Sikap yang Memanfaatkan waktu dengan baik, kerja keras, dan pantang menyerah. Kreatif, tekun, dan cendekia memanfaatkan peluang.

6. Bagaimana kau menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalamcerita tersebut?

Walaupun masih anak-anak, mereka sudah sanggup mencari uang dengan kreativitas dan ketekunan yang mereka miliki. Selain itu, mereka sanggup mengatur waktu antara perjuangan dan acara lainnya. Hal ini sanggup menjadi teladan bagi siapapun.


Ayo Mengamati


Perhatikan gambar-gambar kemasan berikut.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa tanggapan alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 135


Apakah kau pernah menemukan kemasan berbentuk tabung dan kerucut dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.

Pernah. Contoh yang berbentuk tabung yaitu kaleng susu, kaleng sarden, botol minuman dan panci. Contoh yang berbentuk kerucut yaitu kemasan es krim dan kemasan kacang rebus.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 139, 140, 141


Ayo Berlatih


1. Sebuah kemasan cendera mata berbentuk tabung dengan tinggi 12 cm.  Diameter ganjal tabung tersebut ialah 6 cm. Hitunglah volume tabung  tersebut.

V = luas ganjal x tinggi
V = π x r2 x t
V = 3,14 x 32 x 12
V = 3,14 x 9 x 12
V = 339,12 cm3
Jadi, volume tabung tersebut ialah 339,12 cm3.

2. Sebuah kemasan masakan berbentuk kerucut. Tinggi kerucut tersebut ialah 15 cm. Jari-jari ganjal kerucut berukuran 3 cm. Hitunglah luas kerucut tersebut.

L = luas ganjal + luas selimut
L = (π x r2) + (π x r x s)
L = (3,14 x 32) + (3,14 x 3 x 18,28)
L = (3,14 x 9) + (172,2)
L = 28,26
L = 200,46 cm2
Jadi, luas kerucut tersebut ialah 200,46 cm2.

3. Perhatikan kemasan berikut. Kemasan tersebut terdiri atas berdiri adonan tabung dan kerucut. Hitunglah volumenya.
 Jawaban yang kami berikan hanya berupa tanggapan alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141

Volume tabung (Va)

Va = π x r2 x t
Va = 22/7 x 72 x 12
Va = 22/7 x 49 x 12
Va = 1.848 cm3

Volume kerucut (Vb)

Vb = π x r2 x t x 1/3
Vb = 22/7 x 72 x (18-12) x 1/3
Vb = 22/7 x 49 x 6 x 1/3
Vb = 308 cm3

Volume total (Vt)

Vt = Va + Vb
Vt = 1.848 + 308
Vt = 2.156 cm3
Jadi, volume berdiri adonan tersebut ialah 2.156 cm3.

4. Buatlah soal wacana volume tabung dan kerucut. Tukarkan soal tersebut dengan salah seorang teman. Minta temanmu menuntaskan soal tersebut.

Deni meletakkan topi ulang tahunnya di atas kaleng susu. Kaleng susu tersebut mempunyai diameter 21 cm dan tinggi 20 cm. Sedangkan topi ulang tahun mempunyai diameter 14 cm dengan tinggi 25 cm. Hitunglah jumlah kedua volume tersebut.


Baca Juga : Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 147, 149, 151, 156

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari Gawekami.com.
Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Kunci Balasan Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel