Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 3, 4, 6, 8.

gawekami.com – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 1 Suhu dan Kalor, Halaman 3, 4, 6, 8.

Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 1


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 3, 4, 6, 8.

Perhatikanlah gambar-gambar insiden di atas! Gambar acara manakah yang paling sering kau lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu? Apakah persamaan semua gambar tersebut?

Ya, semua gambar di atas berafiliasi dengan kalor atau energi panas. Tahukah kau sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut? Ya, ada api dan matahari. Bagaimana dengan badan manusia? Apakah badan insan mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur energi panas?

Ayo Membaca

Sumber Energi Panas

Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas sanggup kita jumpai di alam, salah satunya yakni matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada flora yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam aneka macam acara manusia. Misalnya, panas matahari dipakai untuk mengeringkan padi sehabis dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kau rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kau rasakan? Setelah kau melaksanakan dua acara tersebut, apakah kau mencicipi panas? Energi panas sanggup dihasilkan saat terjadi tabrakan antara dua benda. Pada acara di atas, tabrakan antara kedua telapak tanganmu dan tabrakan antara mistar dan kain, sanggup menjadikan energi panas.

Selain matahari dan tabrakan antara dua benda, energi panas juga sanggup diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapat api dengan cara menggosokkan dua buah kerikil yang kering hingga keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu memakai kayu kering kemudian digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar api. Ternyata tabrakan dua benda antara dua kerikil kering, dan tabrakan antara dua kayu kering sanggup menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 3

Cermati kembali bacaan di atas. Bacaan di atas merupakan salah satu pola teks klarifikasi wacana sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks klarifikasi berupa warta pada aneka macam media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak yakni buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kau dapatkan dari bacaan di dalam buku ini?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini menurut bacaan di atas!

1. Apakah yang dimaksud dengan sumber energi panas? Sumber energi panas yakni benda yang sanggup menghasilkan energi panas.

2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kau ketahui! Matahari dan api yakni sumber energi panas.

3. Manfaat apa saja yang didapatkan makhluk hidup dari matahari? Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada flora yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia, menyerupai mengeringkan padi sehabis dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.

4. Tunjukkanlah cara sederhana untuk pertanda adanya energi panas di sekitar kita! Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.

5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapat api? Nenek moyang kita menggosokkan dua buah kerikil yang kering hingga keluar percikan api.

6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia? Api sanggup dipakai untuk aneka macam keperluan menyerupai memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 4

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apakah judul bacaan di atas? Sumber Energi Panas

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas.
Paragraf 1 : Sumber energi panas
Paragraf 2 : Kegunaan matahari
Paragraf 3 : Cara menghasilkan energi panas
Paragraf 4 : Asal mula api.

3. Apakah yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar yakni matahari, yang dipakai oleh semua makhluk hidup.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 6

Ayo Mengamati

Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam acara sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kau gunakan? Perhatikanlah tabel berikut, kemudian lengkapilah dengan kegiatanmu yang memakai sumber energi panas pada hari ini.

Kegiatan
Alat Yang Digunakan
Sumber Energi Panas
yang Digunakan
Menanak NasiPanci dan komporApi dari kompor
Alat penanak nasi elektrikListrik
Memperbaiki alat elektronikSolder listrikListrik
Solder uapListrik
Menyetrika bajuSetrika listrikListrik
Setrika arangApi
Memasak AirPanci dan komporApi dari kompor
Ketel listrikListrik

Kunci Jawaban Tematik Halaman 8

Ayo Mencoba

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari sanggup mengakibatkan insiden perubahan di alam yang gampang kita lihat dan amati.

Lakukan acara berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan materi berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 buah es kerikil dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.
Langkah-langkah:

1. Letakkan dua buah es kerikil pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.

2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.

3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau daerah yang terlindung dari sinar matahari.

4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diharapkan es kerikil pada masing-masing wadah hingga benar-benar mencair.

Perhatikan gambar berikut ini!

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 3, 4, 6, 8.

1. Bagaimana ukuran es kerikil pada ketiga wadah tersebut? Ketiga es kerikil mempunyai ukuran yang sama.

2. Manakah es kerikil yang akan mencair terlebih dulu? Es kerikil yang mencair terlebih dahulu yakni es kerikil yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari.

3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di daerah yang tersedia di bawah ini! Matahari sebagai sumber panas sanggup mengakibatkan perubahan es bermetamorfosis air. Ketika es bermetamorfosis air (mencair) membutuhkan panas.

4. Dapatkah kau menarik kesimpulan dari acara di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu! Sumber energi panas sanggup menyebakan perubahan pada benda. Pada acara di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).





Terimakasih sudah membaca artikel ini, supaya Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 3, 4, 6, 8 yang saya share pada kesempatan kali ini sanggup bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam



Sumber https://www.gawekami.com/

Belum ada Komentar untuk "Materi Dan Kunci Tanggapan Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Halaman 3, 4, 6, 8."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel